Berita Headline Berita Terkini Hukum 

18 Kg Narkoba Dimusnahkan Polda Kaltim

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Sebanyak 18 Kilogram narkoba jenis sabu hasil penangkapan Direktoran Reserse Narkoba (Dtreskoba) Polda Kaltim yang melibatkan 8 orang tersangka, dimusnahkan, Rabu (20/3/2019).

Dipimpin langsung Direktur Reskoba Polda Kaltim Kombes Pol Akhmad Shaury dan Kabid Humas Kombes Pol Ade Yaya Suryana, pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan dengan cara dilarutkan kedalam air dan di buang di safaty tank (Toilet).

image by resy w s (echi)/cahayakaltim.com

Menurut Direskoba Akhmad Shaury, barang bukti narkoba tersebut hasil tangkapan jajaran Polda Kaltim dengan 7 kasus di lokasi berbeda, seperti di Samarinda, Kukar dan Balikpapan dengan melibatkan 8 orang tersangka.

“Dari kedelapan kasus ini, yang terbesar saat ini yaitu pengungkapan narkoba di Kecamatan Anggana, Kabupaten Kukar yang terjadi di awal 2019 Barang bukti dari 7 laporan polisi. Tersangkanya ada 8 orang,” kata Akhmad, kepada cahayakaltim.com, disela proses pemusnahan barang bukti di Markas Polda Kaltim.

Sebelum dimusnahkan, Barang bukti sabu ini juga disisihkan untuk dilakukan pemeriksaan di labfor Surabaya dan hasilnya pun positif sabu.

Sementara itu, Kabid Humas Ade Yaya mengatakan proses pemusnahan ini merupakan bagian dari prosedur dan prosedur dalam pelaksanaan pemusnahan sudah lengkap, dimana dalam pelaksanaannya wajib dihadiri instansi terkait, seperti Kejaksaan, Pengadilan, BNN maupun pengacara dan organisasi pemerhati narkoba dan lainnya.

image by resy w s (echi)/cahayakaltim.com

Dijelaskan Ade Yaya, bahwa peredaran narkoba di Kaltim kini telah memprihatinkan. setidaknya Polda Kaltim berhasil menyelamatkan ribuan anak bangsa dari penyalahgunaan Narkoba di Kaltim.

“Kami mengimbau peran serta masyarakat. untuk ungkap jaringan narkoba. Banyak kasus terungkap berkat kerjasama dengan masyarakat,” tutup Ade Yaya. (*)

Penulis : Resy W S (Echy) kontributor Balikpapan

Editor : Michael M

Berita Terkait