Berita Headline Berita Terkini Hukum 

200 Personil Brimob Kaltim Dikirim ke Palu

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Sebanyak dua ratus personel dari Satuan Brigade Mobile Kepolisian Daerah Kalimatnan Timur dikirim ke Kota Palu, Sulawesi Tengah. Untuk menjadi relawan kemanusian di daerah yang diterpa musibah gempa bumi yang disertai Tsunami.

Keberangakatan dua kompi personil Brimob Polda Kaltim ini dalam rangka operasi Aman Nusa II. Mereka diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Hercules melalui Bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan.

“Tugas pasukan di sana ada dua. Pertama, melakukan pengamanan. Untuk mengamankan obyek-obyek kemanusiaan. Mengamankan jalur-jalur distribusi BBM dan sembako ke Kota Palu. Tempat-tempat sembako juga diamankan supaya disitribusinya jelas. Kedua, melakukan operasi kemanusiaan,” kata Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto, usai melepas Personil Brimob di Mako Brimob Polda Kaltim, Senin (1/10/2018). 

Operasi kemanusiaan di antaranya melakukan evakuasi terhadap korban dan nantinya akan ditugaskan selama sebulan. “Pasti di sana mengevakuasi korban baik yang sudah meninggal maupun yang luka-luka. Serta mencari yang masih tertimbun,” tambah Lukman Wahyu. 

“Kita siapkan mereka satu bulan. Dan bisa diperpanjang lagi. Yang jelas mereka nanti tersebar di Donggala, di Palu dan titik-titik yang terkena dampak terutama di pinggir-pinggir pantai,” kata Lukman.

Perlu diketahui, pasukan yang dikirim berasal dari detasemen Brimob Balikpapan dan Samarinda. “Peralatan pasti yang dibawa mereka adalah obat-obatan. Rencana bantuan dari Polda untuk korban bencana juga dibawa. Saat ini bantuan yang terkumpul Rp500 juta, dan ini masih terus berjalan sumbangannya,” tutup Lukman.

Penulis : Echi

Editor : Michael M

Berita Terkait