Advetorial Berita Headline Berita Terkini Ekobis 

200 UKM Kaltim ditatar idEA kembangkan usaha diera digital

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com – Asosiasi E-Comerce Indonesia (iDEA) kembali menggelar Kenduri e-UKM dengan sukses dan kali ini di Kota Balikpapan Kalimantan Timur.

Peserta yang hadir lebih dari 200 orang dengan latar belakang 8% belum punya usaha dan 85% peserta sudah punya usaha dan sudah berjualan Online dan memanfaatkan teknologi digital sebagai salah satu solusi untuk memasarkan Produk dan jasanya.

Perubahan yang terjadi dengan cepat dari kemajuan teknologi didunia bisnis menjadi latar belakang perlunya kolaborasi berkelanjutan antara stakeholder (iDEA, Pelaku-UMKM, Pemerintah pusat & daerah, media), salah satunya melalui workshop yang mengajak para pelaku UMKM untuk ber-Transformasi ke era digital, agar pelaku bisa beradaptasi dan berdinergi dengan para pelaku ekonomi digital di Indonesia.

Transformasi Digital telah menghasilkan ‘kedaruratan’ bagi setiap brand dan pemilik usaha.

‘Kedaruratan’, diantaranya, pertama Ketidaksiapan brand dan pemilik usaha terhadap perubahan digital dsn teknologi yang begitu cepat dan dinamis. Dan kedaruratan kedua, Era globalisasi pasar bebas; WTO, AFTA dan lainnya membuat waktu menjadi sempit untuk kita semua melakukan persiapan, dimana kondisi tersebut mengharuskan produk-produk dalam negeri mempunyai daya saing yang tidak kalah dengan barang impor.

Transformasi Digital untuk UMKM haruslah bersinergi dengan para pemangku kepentingan didaerah dan stakeholder.

Ketua umum idEA, Aulia Marianto menyatakan, Prioritas Transformasi Digital Indonesia, adalah Infrastruktur Database UKM, pemetaan data komprehensif untuk mengembangkan program pemberdayaan UKM yang terstruktur dan terarah.

Priorotas lain juga soal Infrastruktur Edukasi, jangka pendek bagi ahli informal (street smarts) dan jangka panjang bagi ahli formal (smart book), serta Infrastruktur Daya Saing, mendapatkan akses terhadap manajemen modern, keberpihakan kebijakan pemerintah atas keadilan dan manfaat bagi putra/i indonesia yang membangun perusahaan digital rintisan (digital start-up) dan UKM online.

Kenduri e-UKM mendapatkan sambutan dan dukungan baik pemerintah Kota Balikpapan DisKop UMKM Kota Balikpapan yang langsung secara resmo dibuka Kepala Dinasnya Doortje Marpaung, dan para pelaku UMKM. Dialog yang telah terjalin selama workshop mengenai tantangan dan harapan para pelaku UMKM Kota Balikpapan menjadi catatan iDEA dalam menyusun program lanjutan ditahun 2018.

Kenduri e-UKM tidak akan berhenti dikota Pontianak, namun akan terus menyasar kota-kota lainnya di Indonesia, dengan harapan menjadi program yang secara berkesinambungan dapat meningkatkan kompetensi para pelaku UMKM.(***)

Editor : Michael M

Berita Terkait