Berita Headline Berita Terkini 

2016 Zakat Fitrah Rp 32.000 per jiwa

zakatBALIKPAPAN,CAHAYAKALTIM.com–Penentuan jumlah pembayaran zakat fitrah di tahun 2016 ditetapkan sebesar Rp 32.000 untuk setiap jiwanya.
Hal ini seperti dikatakan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Balikpapan H Muhammad Roem Arbain saat ditemui cahayakaltim.com di ruang kerjanya, Kamis (30/06/2016).
Menurut Muhammad Roem, jumlah pembayaran zakat fitrah pada tahun ini mengalami kenaikan sebesar Rp 2.000,-. “Tahun lalu jumlah pembayaran zakat fitrah hanya Tiga Puluh Ribu Rupiah perjiwa,” ujar Muhammad Roem.
Ia jua mengatakan, penentuan tarif zakat fitrah ini dilakukan bersama pihak terkait. Seperti dari Kantor Kementrian Agama Kota Balikpapan, Majelis Ulama Indonesia, Tokoh Nahdatul Ulama dan Tokoh Muhammadiyah.
Sedang parameter penentuan zakat itu sendiri dilakukan dengan melakukan survey survey di pasar pasar tradisional. “Kita ambil harga di tengah tengah. Mulai dari harga beras termurah hingga harga beras yang paling mahal. Dan harga tengahnya yang kita ambil,” ujar Muhammad Roem lagi.
Ia juga menghimbau kepada kaum muslim kota Balikpapan agar menyegerakan pembayaran zakatnya. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembagian zakatnya kepada kaum Mustahik atau orang berhak menerimanya di saat malam Idul Fitri sebelum sholat Idul Fitri dilaksanakan.(alfian tamzil).

Berita Terkait