Balikpapan Berita Headline Berita Terkini 

48 Kepsek di ambil sumpah oleh Walikota

image by alfian tamzil/cahayakaltim.com
image by alfian tamzil/cahayakaltim.com

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Sebanyak 48 kepala sekolah mengikuti upacara pelantikan dan sumpah jabatan yang digelar di Aula Pemkot Balikpapan, Rabu (15/06/2016).

Hadir pada upacara sumpah jabatan dan pelantikan kepala sekolah itu Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi sebagai pembina upacara.

Ke 48 kepala sekolah itu terdiri dari 8 Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri dan 40 Kepala Sekolah Dasar Negeri se Balikpapan serta 11 pejabat pengawas madya sekolah.

Pergantian kepala sekolah ini sengaja dilakukan Pemkot Balikpapan berkaitan dengan ada beberapa jabatan yang kosong dan ada pula kepala sekolah yang berakhir masa jabatannya.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutannya menyampaikan, pergeseran atau pergantian kepala sekolah ini sebelumnya sudah mendapat izin dari Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Sejatinya walikota yang baru saja dilantik baru bisa melakukan pergantian pejabat setelah enam bulan dilantik sebagai walikota. Namun Mendagri telah memberikan persetujuan dan memberikan apresiasi langkah pemerintah kota,” ujar Rizal Effendi.

Pergantian kepala sekolah ini cukup beralasan. Sebab ada kepala sekolah yang kosong dan adapula yang berakhir masa jabatannya. “Pergantian kepala sekolah ini sengaja dilakukan, sebab saat ini masa kelulusan siswa sekolah. Sehingga dibutuhkan tanda tangan kepala sekolah pada ijazah siswa yang sudah lulus sekolah. Mulai dari tingkat SD hingga SMP,” ujar Rizal Effendi lagi.

Dari 48 kepala sekolah yang dilantik itu kebanyakan mengalami pergeseran. Khususnya di kalangan Sekolah Dasar. Seperti kepala sekolah di Kecamatan Balikpapan Utara berpindah menjadi kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Balikpalan Tengah.

Rizal Effendi juga berpesan agar selama menjabat sebagai kepala sekolah menghindari grativikasi. “Saya mohon agar para kepala sekolah menghindari grativikasi. Sebab itu jelas ada konsukwensi hukumnya, apabila kepala sekolah melakukannya,” pungkasnya.

Acara pelantikan kepala sekolah ini juga dilakukan dengan mengikuti prosesi sumpah jabatan di bawah kitab suci dan menyertakan rohaniawan. Serta penandatanganan pakta integritas dihadapan Walikota Balikpapan, Kepala  Dinas Pendidikan Kota Balikpapan serta Staff Ahli bidang Pemerintahan.(alfian tamzil).

Berita Terkait