Berita Terkini Opini 

Agar anak berdaya melawan korupsi

Sosialisasi Antikorupsi di SD
Sosialisasi Antikorupsi di SD

CAHAYAKALTIM.com–Maraknya pembicaraan mengenai korupsi, membuat banyak orangtua tentu khawatir. Apalagi, tren pelaku korupsi kini juga dilakukan mereka yang berusia muda. Menjadi pertanyaan besar bagi para orangtua, “Bagaimana mengasuh anak agar bermental antikorupsi di masa mendatang?”

“Zaman saat ini, korupsi merajalela. Banyak ditemukan praktik korupsi di sekitar kita. Orangtua ingin anaknya berdaya dalam menghadapi tantangan di zamannya,” ujar penulis buku Parents Story, Adhitya Mulya dalam acara Bedah Buku yang digelar Perpustakaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (22/4).

Menurutnya, ada tiga hal yang harus dipersiapkan dalam membentuk karakter seorang anak yang tangguh dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Tiga hal itu yakni nilai diri, harga diri dan proses.

“Karena memang tiga hal itulah yang membentuk karakter seorang anak, dalam proses mereka untuk menjadi seorang dewasa yang berdaya. Minimal anak kita berdaya untuk dirinya sendiri,” ujarnya.

Menurut Adhitya, setiap orang membutuhkan sebuah jangkar sebagai bahan pembanding, apakah yang mereka lakukan itu benar atau salah. Nilai-nilai itu akan tertanam dari diri anak.

“Misalnya ketika anak harus berkata jujur, kasih tahu juga mengapa dia harus berbuat dan berkata jujur dan apa akibatnya jika tidak,” ujar Aditya.

Pelaksana Harian Kepala Biro Humas Yuyuk Andrianti Iskak mengatakan kegiatan seperti ini sangat menarik dan bermanfaat.

Para pegawai bisa berbagi dan berdiskusi mengenai cara mengasuh anak dengan mengedepankan karakter antikorupsi sejak dini.

“Kalau kami juga fokus pada kampanye pencegahan korupsi berbasis keluarga kepada masyarakat, nah di sini kami memulai untuk diri kami dan keluarga terdekat kami agar melahirkan generasi antikorupsi,” ujar Yuyuk.

sumber : Humas KPK

Berita Terkait