Balikpapan Berita Headline Berita Terkini Hukum 

Amankan Natal dan Tahun Baru, Walikota Balikpapan Pimpin Apel Siaga

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Ratusan personil polisi dan TNI mengikuti apel kesiapsiagaan yang digelar di halaman Mapolres Balikpapan, Sabtu sore (23/12/2017).

Apel kesiapsiagaan ini dipimpin langsung Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi dan turut pula hadir Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta, Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Infanteri Hendri Wijaya, sejumlah perwira dari Pomdam VI Mulawarman, Lanal Balikpapan, Lanud Balikpapan dan hadir pula Wakil Ketua DPRD Balikpapan Syafarudin Panrecalle.

Dalam sambutannya, Rizal Effendi meminta kepada aparat keamanan agar sama sama menjaga keamanan dan kenyamanan selama berlangsungnya perayaan Natal.

“Saya mohon bapak ibu sekalian agar sama-sama menjaga keamanan kota ini. Ingat, Balikpapan ada salah satu kota paling di Indonesia, untuk itu mari kita jaga sama sama,” ujarnya.

Rizal juga mengatakan, agar pada perayaan Misa Natal nanti, para anggota keamanan senantiasa fokus di gereja gereja.

“Tolong diamati semua gereja, khususnya pada perayaan Misa Natal atau malam kebaktian. Saya mohon betul agar Bapak Ibu sekalian dapat mengamankannya demi kelancaran ibadah saudara saudara kita,” imbuh Rizal lagi.

Sementara itu Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta mengatakan, pihaknya akan menurukan 650 personil  dalam rangka mengamankan jalannya perayaan Natal di 83 gereja yang ada di Balikpapan.

Dia menyebutkan bahwa sebelum perayaan Misa Natal Tim Gegana Brimob Polda Kaltim akan menyisir semua gereja. “Ini untuk mencegah hal hal yang bisa saja berpotensi ada gangguan saat ibadah dilaksanakan di gereja,” ujarnya.

Selain mengamankan gereja, Polisi juga akan melakukan pengawasan di tempat tempat keramaian, seperti di mall mall. “Saya juga meminta agar semua personil teliti benar semua warga termasuk barang barang yang dibawanya agar turut diperhatikan,” ujar Kapolres lagi.

Komplek komplek perumahan, pusat pusat keramian dan perkampungan turut menjadi bagian para personil ini untuk melakukan patroli pada malam Natal nanti. “Intinya kami mencegah hal hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu jalannya perayaan Natal. Seperti ancaman teroris menjadi perhatian serius,” pungkasnya.

Pada pengamanan Natal nanti, Polisi tidak bertugas sendiri, namun ada pula personil dari Kodim 0905 Balikpapan, Lanal Balikpapan, Lanud Balikpapan, Pomdam VI Mulawarman, Basarnas, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan Balikpapan dan sejumlah personil dari sentra komunikasi. (*)

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait