Berita Terkini Komunitas 

Angkasa Pura I Balikpapan kucurkan dana CSR

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com — PT Angkasa Pura I Balikpapan, menyalurkan dana program kemitraan tahap II. Penyaluran kali ini, akan diserahkan untuk 11 UKM seluruhnya di Kota Balikpapan, dengan total pinjaman yang akan disalurkan sebesar Rp 585 juta.

GM PT Angkasa Pura I Balikpapan, Pujiono, mengatakan, sebagai salah satu perusahaan BUMN, sudah menjadi dan memiliki kewajiban dalam melaksanakan tanggungjawab sosial dan lingkungan.

“Kegiatan sosial ini bertujuan agar para pengusaha kecil dapat tumbuh dan berkembang dan mandiri. Untuk itu diharapkan agar para mitra dapat mengembalikan dana itu tepat waktu, sehingga akan dapat digulirkan pada pengusaha lainnya pada tahap selanjutnya,” kata Pujiono, kepada cahayakaltim.com, Kamis (27/7/2017).

Sementara itu menurut PTS Salwa Departemen Head Angkasa Pura I Balikpapan, Taufik Permana mengungkapkan, sebelumnya Angkasa pura sudah menyerahkan dana kemitraan. Dimana pada tahap pertama telah menyalurkan Pinjaman Kemitraan kepada 19 UKM, dengan total penyaluran Pijaman sebesar 895 Juta dan Hibah untuk Pembinaan sebesar 119 Juta, dari Dana tersedia sebesar Rp 1,5 Miliar.

“Di tahap kedua ini, ada 11 UKM, yang didalamnya terdiri dari 4 UKM yang merupakan tahap lanjutan yang untuk kedua kalinya menjadi mitra binaan Angkasa Pura Airport, sedangkan 7 UKM merupakan UKM yang baru pertama kalinya menerima pinjaman kemitraan dari Angkasa Pura Airport,” kata Taufik.

Lebih lanjut Taufik mengatakan, jenis usaha yang mendapatkan pinjaman kali ini, diantaranya, 2 UKM Sektor Industri, yaitu Industri Bakery, 6 UKM Sektor Jasa, diantaranya yaitu Angkutan, Travel, Salon serta Pendidikan, 2 UKM Sektor Perdagangan, yaitu Toko Sandang, serta 1 UKM yang bergerak di Sektor Peternakan.

“Sejauh ini kami (Angkasa Pura I Balikpapan) telah menyalurkan Pinjaman Kemitraan kepada 19 UKM, dengan total penyaluran Pijaman sebesar 895 Juta dan Hibah untuk Pembinaan sebesar 119 Juta, dari Dana tersedia sebesar Rp 1,5 Miliar,” ujar Taufik.

Program sosial lainnya juga dilakukan Angkasa Pura I Balikpapan, berupa program bina lingkungan.
Dimana penyerahan Bantuan Bina Lingkungan kali ini untuk Sektor Sarana Ibadah dan Sarana Pendidikan, diantaranya untuk renovasi masjid, pengadaan bedug, pembelian karpet, pengecatan langgar, bantuan dana untuk pembangunan, pembuatan menara masjid, pembuatan kanopi di ruang ekstrakurikuler sekolah serta sarana air bersih di sekolah.

“Total Bantuan Bina Lingkungan yang akan diserahkan kali ini yaitu sebesar Rp 349 Juta, yang terdiri dari Rp 209 Juta untuk Sektor Sarana Ibadah dan Rp 140 Juta untuk Sektor Pendidikan,” jelas Taufik.

Dengandiserahkannya Bantuan Bina Lingkungan saat ini, maka Bantuan Bina Lingkungan yang telah disalurkan oleh Bandara SAMS Sepinggan selama Semester I tahun 2017 adalah sebesar Rp 577 Juta dari Alokasi Dana yang tersedia sebesar Rp 592 Juta. (*)

Penulis : Michael M
Editor : Mailangkay M

Berita Terkait