Advetorial Bandara Berita Terkini 

Angkasa Pura I Balikpapan salurkan dana kemitraan untuk 15 UMK

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com – Sedikitnya 15 Usaha Mikro dan Kecil (UMK) mendapatkan penyaluran dana pinjaman kemitraan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Penyaluran dana pinjaman tersebut, diserahkan langsung oleh General Manager PT AP I Balikpapan  Handy Heryuditiawan, di ruang  Rapat Kahayan Gedung Administrasi PT AP I Balikpapan, Rabu (18/10/2017).

“Dana ini jauh lebih murah dibanding yang lainnya semoga dapat dipergunakan dengan baik, usahanya dapat berkembang. Untuk itu diharapkan agar para mitra dapat mengembalikan dana itu tepat waktu, sehingga akan dapat digulirkan pada pengusaha lainnya pada tahap selanjutnya,” kata Handy.

Penyaluran dana Pinjaman kemitraan bertujuan sebagai perwujudan dan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat disekitar lingkungan kerja perusahaan dengan memberdayakan masyrakat agar dapat mandiri membangun usaha.

Disamping Pinjaman Kemitraan, UMK yang telah menjadi Mitra Binaan, dapat juga “menikmati” dana Hibah Pembinaan dalam berbagai bentuk kegiatan, diantaranya Bantuan Promosi Pemasaran/Pameran, Pemagangan serta Pelatihan-pelatihan, baik yang diselenggarakan oleh Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, maupun pihak lain. Yang telah menggelontorkan dana Hibah Pembinaan ini sebesar Rp 1,7 Miliar sejak tahun 2008.

Menurut Handy, sejak tahun 1992 sampai dengan saat ini, dana pinjaman kemitraan yang telah tersalurkan sebesar 32,1 Milliar dinikmati oleh 927 Mitra Binaan yang tersebar di Propinsi Kalimantan Timur khususnya Kota Balikpapan.

Selain Program Kemitraan, AP I juga melakukan Program Bina Lingkungan, yaitu program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat oleh BUMN melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN, yang merupakan pelaksanaan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku kuasa pemegang saham perusahaan.

Program Bina Lingkungan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dilaksanakan sejak tahun 2008 dan sampai saat ini sebesar Rp 6,2 Miliar, telah disalurkan oleh Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan untuk meningkatkan kondisi sosial masyarakat umum, diantaranya adalah Rumah Batik, Tenun dan Bordir yang peresmian penggunaannya baru dilaksanakan pada akhir bulan September lalu.

PT AP II Balikpapan juga masih menyimpan dana sebesar  Rp 1 Miliar lagi dana bergulir bagi UMK dan Koperasi yang memenuhi syarat untuk menjadi Mitra Binaan, sepanjang tahun 2017 ini.

“Bagi UMK dan Koperasi yang membutuhkan dana Pinjaman Kemitraan untuk Modal Kerja dan/atau Investasi usahanya, dapat langsung menghubungi unit Corporate Social Responsibility Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, yang akan membantu para pelaku UMK dan Koperasi dalam mengakses dana bergulir ini,” imbah Handy. (adv)

 

Editor : Michael M

Berita Terkait