Advetorial Berita Headline Berita Terkini 

Asah Keahlian, Puluhan Personil Bea Cukai Latihan Menembak

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com--Sebanyak 30an orang Kantor Bea Cukai Balikpapan melakukan latihan menembak di lapangan tembak Satuan Brimob Polda Kaltim, Kamis (22/11).

Kegiatan ini bekerja sama dengan Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Balikpapan.

Para petugas tersebut melatih diri dengan menembak sasaran berjarak 5-10 meter, menggunakan senpi(senjata api). Ini dilakukan secara berulang-ulang dengan panduan instruktur dari kepolisian dan Perbakin.

“Bea Cukai, salah satu tugasnya menjadi protector, pelindung masyarakat. Dan terkadang ada tindakan yang dilakukan pelanggar, dimana penanganannya harus menggunakan senjata. Bila ini terjadi kemudian kita tidak punya keahlian menembak maka akan berdampak pada penanganan hukum,” jelas Kepala Kantor Bea Cukai Balikpapan Fitra Krisdianto.

Untuk diketahui, salah satu aktivitas petugas Kantor Bea Cukai melakukan patroli baik di darat maupun di laut, guna mencegah adanya penyelundupan barang-barang ilegal.

“Ini konteksnya latihan. Bekerja sama dengan Brimob dan Perbakin ini merupakan agenda rutin juga,” ungkap Fitra.

Sementara itu, dijelaskan Rosa, salah satu pengurus Perbakin, pelatihan-pelatihan seperti ini sering dilakukan untuk petugas yang disenjatai, termasuk petugas pengawasan Bea Cukai.

“Pelatihan ini rutin untuk instansi. Dimana untuk instansi Bea Cukai ini kan lengkap disenjatai khususnya untuk penindakan di bagian laut,” katanya.

Untuk selanjutnya, para petugas nantinya akan tergabung menjadi anggota Perbakin. “Kalau instansi yang disenjatai harus melalui kegiatan ini. Nanti akan tergabung dengan kami. Syaratnya ikut kegiatan ini, tes psikotes dan tes kesehatan, nanti setelah itu namanya direkomendasikan ke Polda Kaltim ditandatangani Direktur Intelkam Polda Kaltim,” tutupnya. (*)

Penulis : Echi

Editor : Michael M

Berita Terkait