Berita Terkini Hiburan 

Ayo tukar uang koin di Lapangan Merdeka. Ada kejutan!

BI tukar koinBALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Bank Indonesia akan menggelar gerakan peduli koin Balikpapan yang akan dilaksanakan pada hari Minggu 30 Oktober ini di Lapangan Merdeka, Balikpapan.

Gerakan peduli koin Balikpapan ini merupakan gelaran Bank Indonesia perwakilan Balikpapan dengan mengambil tema 3B, “Balikpapan Besimpun Benggol” ini akan melayani masyarakat dengan menukarkan uang logamnya dengan uang pecahan kertas yang baru.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Suherman Tabrani mengatakan, tidak ada ada batasan dalam menukarkan uang logamnya. Namun sebelum ditukarkan uang logamnya, hendaknya disortir dulu, sesuai dengan pecahannya masing-masing. Dihitung. Kemudian dibungkus dalam plastik. Dan ia juga menghimbau agar uang logam tersebut tidak dilem atau diisolasi.

Gerakan peduli koin Balikpapan ini sengaja digelar oleh Bank Indonesia, mengingat saat ini uang logam sudah sangat jarang digunakan untuk bertransaksi. Masyarakat lebih senang berbelanja dengan menggunakan uang kertas.

Menurut Suherman Tabrani, aliran uang koin yang keluar dari Bank Indonesia tidak sebanding dengan uang koin masuk. Berdasarkan data Bank Indonesia Balikpapan, sejak awak tahun 2015 sampai dengan bulan Juli 2016, Balikpapan mengalami outflow uang koin sebesar Rp 13,76 miliard. Sementara inflow uang koin hanya sebesar Rp 708 juta saja.

“Jadi ke mana uang logam itu? Bisa jadi banyak warga yang sengaja menyimpannya di rumah. Padahal uang logam itu adalah alat pembayaran yang sah,” ujar Suherman Tabrani kepada cahayakaltim.com.

Gerakan 3B ini akan diikuti seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia di daerah serta melibatkan perbankan dan retailer.

Lebih lanjut Suherman Tabrani mengatakan, gerakan peduli koin ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan uang koin sebagai alat pembayaran yang sah. Mengurangi prilaku menyimpan uang koin di rumah. Mendorong pihak perbankam agar bersedia menerima penukaran uang koin dari masyarakat. Dan tujuan yang terakhir atas kegiatan ini adalah mendorong pedagang untuk senantiasa melakukan transaksi pengembalian dengan uang tunai, bukan menggunakan permen atau bentuk lain selain uang.

Suherman juga menambahkan, bagi warga Balikpapan yang ingin menukarkan uang koinnya, hendaknya harus dihitung dulu jumlahnya, dipisahkan nominal pecahannya. Kemudian satukan ke dalam plastik. “Kami akan memberikan souvenir kepada masyarakat yang telah menukarkan uang koinnya minimal dua ratus ribu. Ayo silahkan datang ke lapangan Merdeka,” pungkas Suherman lagi.(alfian tamzil).

Berita Terkait