Berita Terkini Ekobis 

Bazar Ramadhan BI dan Pemkot langsung ramai pengunjung

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Sejumlah distributor sembako mengikuti Bazar Ramadan yang digelar di halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Senin (05/06/2017).

Bazar Ramadan ini dibuka oleh Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi dan turut pula hadir Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Suharman Tabrani,  Asisten II Pemkot Balikpapan, Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Perdagangan serta beberapa pejabat dari unsur FKPD Kota Balikpapan.

Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi dalam sambutannya mengatakan, dengan diadakannya bazar seperti ini diharapkan dapat mencegah adanya spekulasi harga di pasar pasar resmi.

“Biasanya mendekati lebaran, harga harga di pasaran cenderung naik. Nah dengan operasi pasar atau bazar  Ramadan ini kan bisa dikendalikan,” ujar Rizal Effendi.

Ia juga mengatakan, dengan digelarnya operasi pasar atau Bazar Ramadan ini tentu dapat memudahkan pemantauan harga harga beragam kebutuhan pokok yang dijual. “Makin banyak bazar seperti ini, tentu semakin bagus,” ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan momen ini, karena memang harga berbagai kebutuhan pokok dijual murah di sini. Namun ia juga meminta untuk tidak berbelanja yang berlebihan.

“Berbelanjalah dengan bijak. Jangan sampai menimbulkan Panic Buying. Yang tentu saja nantinya akan muncul penimbunan,” ujar Rizal lagi.

Usai secara resmi dibuka Walikota, bazar ini sontak dikerumuni warga. Mereka datang dan langsung menuju ke tempat penjualan beras dan gula. Setidaknya ada belasan ibu yang berjubel mengantri di petak penjualan beras tersebut. Di tempat itu tertera tulisan beras premium dengan harga Rp 12.000/kg.

“Lumayan pak, sedikit lebih murah, biasanya saya beli tiga belas ribu atau paling murah dua belas ribu lima ratus. Kan lumayan pautnya,” ujar Bayah, usai ia membeli dua karung beras kemasan 5kg itu.

Pada Bazar ini dijual beragam kebutuhan pokok, seperti beras, gula, minyak goreng, bawang putih, kecap,  serta berbagai kebutukan pokok lainnya. Para peserta bazar ini menjualnya sedikit lebih murah dibanding dengan barang serupa yang dijual di pasaran.

Bazar Ramadan ini akan berlangsung selama satu minggu ke depan. Di mana untuk tanggal 5 – 6 Juni berlangsung di halaman Kantor Bank Indonesia Balikpapan, 7-8 Juni di halaman Gudang Beras Bulog Gunung Malang dan terakhir diadakan pada 12-13 Juni yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Balikpapan Selatan. (*)
Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait