Berita Headline Berita Terkini Hukum Komunitas 

Belasan Ormas dan LSM bentuk tim tuntut Pertamina

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com — Sedikitnya ada 14 Organisasi masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan pemuda (OKP) dan Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) yang ada di Balikpapan mendadak gelar rapat tertutup di Hotel Jatra Balikpapan, Sabtu (3/6/2017).

Pertemuan yang dihadiri para pimpimpinan organisasi tersebut membahas rencana aksi demonstrasi terhadap Pertamina RU V Balikpapan.

Empat Belas organisasi gabungan tersebut beberapa diantaranya adalah, Pemuda Pancasila, Laskar Merah Putih, Nasional Curption Watch, Formak, Ikatan Pemuda Karya Balikpapan dan lainnya.

Rapat yang berlangsung selama hampir tiga jam ini menghasilkan beberapa kesepakatan, salah satunya aksi demo tersebut rencana digelar pada Kamis 8 Juni 2017 dan membentuk sebuah kelompok dengan nama Aliansi Masyarakat Bersatu.

Ketua serta kordinator lapangan demo  Aliansi Masyarakat Bersatu, Ahmad Betawi mengatakan, bahwa demo ini tujuannya untuk mempertanyakan atas tindakan Pertamina RU V yang telah melakukan pengupasan lahan kawasan hijau di Jalan Minyak.

“Di situkan kawasan hijau. Hutan kota. Seharusnya kan jangan dikupas begitu. Hutan itu kan paru paru kota ini,” ujar Ahmad Betawi.

Lebih lanjut Ahmad Betawi mengatakan, pada hutan kota itu ada sekitar 23 ribu batang pohon. Di mana selama ini peran hutan kota itu sangat berperan dan termasuk Ruang Terbuka Hijau di kota Balikpapan.

Aksi demo ini rencananya akan menurunkan ribuan orang, di mana masing masing ormas setidaknya akan menurunkan sekitar 5 ribu orang.

“Dari pemetaan kami, ada sekitar 10 ribu orang, namun perkiraan kami sekitar 5 ribu orang yang nanti akan turun,” ujar Betawi.

Mengenai rencana aksi demo ini, Aliansi Masyarakat Bersatu akan melayangkan surat kepada Polres Balikpapan  “Surat izin untuk aksi demo ini akan kami serahkan pada waktu dekat ini,” ungkap Betawi. (*)

 

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait