Berita Headline Berita Terkini Pendidikan 

BI resmikan perpustakaan mini dan GenBi

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menggelar acara peresmian BI Corner dan Pelantikan Gerakan baru Indonesia (GenBi) dedikasi untuk negeri yang digelar di ruang pertemuan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Senin pagi (4/12/2017).

Hadir pada acara ini diantaranya Kepala Perwakilan Bank Indonesia Suharman Tabrani, Staf Ahli Walikota Jumali, Seketaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Seketaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Perwakilan dari Institut Teknologi Kalimantan (ITK), perwakilan dari STIE Balikpapan, perwakilan dari SMA Negeri 3 Balikpapan serta 30 mahasiswa mahasiswi dari ITK.

Dalam pertemuan ini, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Suharman Tabrani mengatakan,  ada dua acara pokok dalam kegiatan ini. Diantaranya peresmian BI Corner kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Instititut Teknologi Kalimantan dan SMA Negeri 3 Balikpapan.

“Pojok corner itu adalah wadah yang disediakan oleh Bank Indonesia kepada beberapa instansi. Yang isinya adalah perpustakaan mini dengan koleksi buku yang berkualitas. Baik buku yang berbahasa Indonesia maupun juga buku buku berbahasa Inggris,” ujar Suharman Tabrani.

Lebih lanjut Suharman mengatakan, pojok baca bank indonesia ini sudah ada sekiyat 317 BI Corner dengan bekerja sama pada seluruh perpusatakaan dan universitas yang ada di Indonesia.

Untuk Balikpapan sendiri sudah ada pojok BI Corner seperti  di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan,  Stikom, Universitas Balikpapan dan Dinas Perpustakaan pada tahun 2016 yang lalu sudah resmi dibuka.

“Nah, untuk tahun 2017 ini, Bank Indonesia menambah lagi tiga BI Corner. Mereka ada Instititut Teknologi Balikpapan, STIE Madani dan SMA Negeri 3 Balikpapan,” ujar Suharman.

Pada kesempatan ini pula BI juga melakukan pelantikan 30 mahasiswa ITK yang mendapat bea siswa selama dua tahun ke depan.

“Pemberian beasiswa oleh Bank Indonesia ini untuk memajukan dunia pendidikan, khususnya di tingkat pergururuan tinggi. Dimana ada 88 perguruan tinggi se Indonesia dengan total mahasiswa mencapai 17.800 mahasiswa dengan menelan biaya 540 juta Rupiah. Mereka inilah yang menjadi front liner nantinya. Ini juga merupakan contoh bagi Balikpapan, namun ke depannya juga menjadi contoh bagi Kalimantan Timur,” imbuh Suharman lagi.

Suharman juga berharap, bahwa para mahasiswa ini akan menjadi agen perubahan dan menjadi pemimpin di mada depan.

Pada tahun 2020 yang akan datang target Bank Indonesia akan mendirikan sebanyak 1000 BI Corner yang akan tersebar di berbagai perguruan tinggi, sekolah dan perpustakaan yang ada di Indonesia. (*)

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait