Berita Headline Berita Terkini Komunitas 

Buntuti proses distribusi BBM 1 Harga hingga program CSR Pertamina di Seruyan

SAMPIT, CAHAYAKALTIM.com–Perjalanan tim Jelajah Energi Pertamax Borneo, sudah memasuki hari keempat. Tim yang beranggotakan 24 orang dengan menggunakan 6 unit kendaraan terbaru Toyota Fortuner dan new Reborn Inova, ini sudah berada di Kota Sampit, Kalimantan Tengah.

Di Sampit, tim Jelajah Energi Pertamax Borneo mengunjungi Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Sampit yang berlokasi di Jalan Muchran Ali, Kelurahan Baamang hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, untuk melihat secara langsung proses persiapan pendistribusian bahan bakar minyak yang nantinya akan di distribusikan ke SPBU kawasan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Jumat (15/12/2017).

TBBM Sampit sendiri, merupakan terminal yang mendistribusikan BBM di 17 SPBU milik pertamina dan 7 milik swasta di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, dan sekitarnya Kalimantan Tengah.

Sedangkan SPBU Danau Sembuluh merupakan salah satu SPBU 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) yang baru dioperasikan Agustus 2017 lalu.

Supervisor Recaiving Storge and Distribution TBBM Sampit, Yunus Yoga Nanta mengatakan, setiap hari, pihaknya mendistribusikan 5.000 Liter Premium, Solar dan Pertamax setiap hari di SPBU Danau Sembuluh.

“Kondisi jalan ke SPBU Danau Sembuluh, masih menjadi kendala kami (Pertamina) untuk mendistribusikan dengan tepat waktu. Namun tetap lancar,” kata Yoga, kepada cahayakaltim.com.

Jarak tempuh ke SPBU Danau Sembuluh, kata Yoga, cukup jauh atau sekitar 133 KM. Dimana jalan yang masih belum diaspal sepanjang sekitar 70 KM.

Selain melihat secara langsung proses awal pendiatribusian BBM dalam menunjang program Satu Harga. Tim Jelajah Energi Pertamax Borneo juga mengikuti perjalanan truk tangki berkapasitas 8.000 Liter yang setiap hari membawa 5.000 liter BBM tersebut.

Menurut Officer CSR SMEP, PT Pertamina Kalimantan, Fajri Pradana Putra, mengatakan kegiatan ini selain meninjau langsung proses pendistribusian BBM Satu Harga ke daerah 3T, juga diisi dengan program kegiatan sosial.

“Selain meninjau proses distribusi BBM ke SPBU Danau Sembulu, juga kami (Pertamina) memberikan bantuan kepada pelajar untuk 3 sekolah. Yakni SD Negeri 1 dan 2, serta SMU Negeri 2 Danau Sembuluh,” kata Fajri.

Bentuk bantuan diantaranya memberikan sepatu sebanyak 550 pasang dan seragam olahraga untuk pelajar SDN 1 dan 2 Danau Sembuluh dan untuk SMUN 2, menerima pakaian tari daerah.

Saat mengunjungi ketiga sekolah tersebut tim Jelajah Energi Pertamax Borneo, disambut dengan cukup meriah. Tari Nenjang Sapundu dan Manari Manasai yang merupakan tarian khas Kalteng yang dilakukan kelompok tari SMUN 2.

Unsur Muspika pun ikut menyambut kedatangan rombongan.

Usai prosesi penyerahan, Tim Jelajah Energi Pertamax Borneo melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Pangkalanbun. Dan nantinya akan finis di Pontianak pada Minggu (17/12/2017). (*)

Penulis : Michael M
Editor : Mailangkay M

Berita Terkait