Berita Headline Berita Terkini Hukum 

Canggih, Polda miliki aplikasi android online layani masyarakat

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Seiring perkembangan teknologi jajaran Kepolisian Republik Indonesia kini memiliki aplikasi berbasis android untuk menerima segala bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalimantan Timur Komisaris Besar Polisi Ade Yaya mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan sosialisasi ke beberapa lokasi tempat di mana masyarakat berkumpul. Seperti di pusat pusat keramaian untuk mensosialisasikan aplikasi tersebut.

Aplikasi berbasis android itu diberinama Aplikasi Media Pelayanan Langsung atau disingkat Amplang.

“Nama itu diambil agar mudah diingat. Mengingat amplang kan nama makanan khas di Kaltim. Bisa saja di Polda Polda lain namanya berbeda,” ujar Ade Yaya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (09/03/2017).

Lebih lanjut ia mengatakan, aplikasi Amplang tersebut sudah dapat diunduh di hand phone android. Pada aplikasi tersebut banyak sekali pilihan untuk keperluan masyarakat. Mulai dari kepengurusan SKCK, pembuatan SIM, perpanjangan STNK, melaporkan peristiwa yang berkaitan dengan pelanggaran hukum serta beragam jenis pelayanan yang berkaitan dengan tugas pokok kepolisian.

Aplikasi Amplang sendiri sebenarnya belum dilaunching secara nasional. Namun kini sudah dapat diunduh dan dapat digunakan. Kendati ada beberapa pelayanan yang secara menyeluruh belum berfungsi secara maksimal.

“Intinya aplikasi ini sudah dapat diunduh dan digunakan. Namun masih ada beberapa pelayanan yang masih belum beroperasi. Yang jelas dalam waktu dekat ini, segala bentuk pelayanan di aplikasi tersebut akan dapat digunakan masyarakat,” pungkas Alumni Akpol 1993 itu.

Penulis : Alfian Tamzil

Berita Terkait