Berita Headline Berita Terkini Bumi Etam 

Cara Polres Balikpapan hentikan Konvoi pelajar SMA, patut dicontoh

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com—Ratusan pelajar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, ditahan polisi saat konvoi di tengah kota merayakan berakhirnya masa belajarnya di bangku SMA, Selasa (2/5/2017).

Para pelajar tak berkutik dan mengikuti arahan polisi. Ratusan pelajar yang ditahan tersebut, dikumpulkan di halaman parkir Polres Balikpapan dan langsung mendapat pengarahan dan pembinaan yang dipimpin langsung Kapolres Balikpapan AKBP Jefry Dian Juniarta bersama Wakapolres Kompol Yolanda.

“Berdasarkan surat edaran yang diterbitkan Dinas Pendidikan Kota Balikpapan yang melarang adanya konvoi dan coret-coret seragam sekolah, dengan dasar itu kami melakukan tindakan tegas terhadap para pelajar,” kata Jefri Juniarta, kepada cahayakaltim.com, Selasa (2/5/2017).

Kendati demikian, Kapolres Jefri, sempat memberikan ucapan selamat kepada para pelajar yang lulus di bangku SMA, yang langsung disambut dengan sorakan para pelajar.

Setelah memberikan pembinaan, para pelajar diajak untuk bernyanyi salah satu lagu wajib Indonesia yang berjudul ‘Pada Mu Negeri’. Namun sayangnya lirik lagu kebangsaan tersebut tak diingat pelajar. Sebagai penggantinya, para pelajar menyanyikan lagu Hymne Kota Balikpapan.

Yang menarik dalam upaya menghentikan konvoi oleh jajaran Polres Balikpapan ini, tak ada pelajar maupun polisi terlihat tegang, malahan yang tampak dalam sausana tersebut, canda dan tawa antar petugas dan pelajar.

Usai bercanda ria dan bernyanyi bersama beberapa pejabat teras  Polres Balikpapan, para pelajar diarahkan untuk kembali ke rumah masing-masing dengan tertib dan aman serta tak mengganggu arus lalu lintas.

Kendati demikian, satu per satu kendaraan yang dikendarai para pelajar tetap di cek kelengkapan surat, bahkan sekira seratusan kendaraan sepeda motor terpaksa ditilang polisi karena tak dilengkapi dengan kelengkapan surat kendaraan.

Penulis : Michael M

Editor : M Mailangkay

Berita Terkait