Berita Terkini Pendidikan 

Cetak siswa berprestasi, MAN Balikpapan terapkan pendidikan karakter

Gedung Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan.(Alfian/cahayakaltim.com).

BALIKPAPAN, CAHAYAlKALTIM.com–Penerapan pendidikan karakter bagi para siswa ternyata mampu mencetak siswa yang berprestasi. Hal ini seperti yang diterapkan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Balikpapan.

Kepala sekolah MAN Balikpapan, Drs Sartono MM kepada cahayakaltim.com mengatakan, penerapan pendidikan karakter kepada para peserta didiknya telah ia terapkan kepada seluruh siswanya, sejak duduk di kelas X.

Pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah ini bukan hanya menjadikan siswa berprestasi secara akademis. Namun juga membentuk siswa dalam bidang spritual dan mental. Sehingga terciptalah siswa siswi yang cerdas dan agamis.

“Kami sengaja menerapkan pendidikan karakter ini ketika anak didik kami baru masuk di madrasah ini. Dengan tujuan agar para siswa menjadi siswa yang cerdas dan berkarakter,” ujar Sartono.

Selain menerapkan pendidikan karakter yang menjadi skala prioritasnya. Akan tetapi guru yang mengajar dalam berbagai bidang studipun memiliki perhatian penuh kepada seluruh siswa. “Kami tidak pernah membedakan mana siswa yang pandai dan mana yang tidak. Semua kami perlakukan sama. Maka wajar jika seluruh siswa di sini dekat sekali kepada semua guru,” ujar Sartono yang saat ini tengah menempuh pendidikan Doktoral program studi pendidikan.

Lebih lanjut Sartono mengungkapkan, para siswa yang kemarin baru saja dinyatakan lulus, sebagian besar berhasil diterima di berbagai perguruan tinggi bergengsi yang ada di Indonesia. “Ya, 85 siswa kami berhasil diterima di perguruan tinggi kenamaan. Total siswa yang lulus saat itu berjumlah 116 siswa,” ujarnya.

Dengan banyaknya siswa MAN Balikpapan ini berhasil diterima di berbagai universitas kenamaan, merupakan sebuah ciri bahwa MAN Balikpapan merupakan sekolah menengah atas berbasis agama yang dilirik para orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut.

Selain mencetak siswa siswi yang cerdas dan berkarakter. MAN Balikpapan juga memiliki segudang prestasi. Ini terlihat banyak piala serta tropy yang diraih para siswa dalam berbagai lomba dan kejuaraan. Tak terhitung jumlahnya. Mulai dari bidang akademis, seni dan olah raga. Di mana hampir setiap tahun sekolah ini selalu meraih juara. “Saya ingin menjadikan sekolah ini menjadi sekolah yang hebat. Jadi bukan hanya anak didiknya saja. Melainkan sekolahnya pun diharapkan menjadi sekolah yang hebat pula,” ujar Sartono mengakhiri perbincangan. (alfian tamzil).

Berita Terkait