Berita Headline Berita Terkini Bumi Etam 

Curhatan Napi wanita, dari pendidikan hingga pembalut

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com--Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan kelas II B Balikpapan, Rabu (31/05/2017).

Kunjungan itu dipimpin langsung Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Prof dr Vennetia R Danes Msc PhD beserta rombongan itu disambut langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Provinsi Kalimantan Timur, Kalapas Balikpapan dan Karutan Balikpapan.

Kunjungan mereka ke Rutan ini untuk mekakukan pertemuan dengan para warga binaan wanita sekaligus berdiskusi berbagai hal selama mereka menjadi warga binaan di Rutan tersebut.

Ada yang menarik dalam pertemuan ini, mereka meminta permohonan diantaranya adanya fasilitas pendidikan serta harapan mereka untuk ikut serta mengikuti Kejar Paket B dan C. “Mohon kami diperhatikan Bu Deputi. Mengingat kami sekolah tak lulus SMP dan SMA, agar kami juga dapat mengikuti ujian persamaan,” ujar salah seorang warga binaan wanita saat diminta maju untuk mengajukan pertanyaan.

Selain memohon bantuan, mereka juga meminta agar para warga binaan juga diperhatikannya kebutuhannya. Seperti pembalut wanita. “Beberapa diantara kami di sini tidak memiliki keluarga di Balikpapan. Karena bermasalah hukum,maka ditahan di Rutan ini. Dan sangat disayangkan,kebutuhan mereka seperti sabun dan pembalut tidak ada yang memberi. Karena mereka tidak mempunyai keluarga di sini,” ujarnya lagi.

Pada kesempatan itu Venettia langsung memberikan jawaban. Menurutnya, permohonan mereka akan segera dipenuhi. “Saya sudah bicara dengan Kepala Divisi Pemasyarakatan berkaitan dengan keinginan para warga binaan di sini agar dapat mengkuti ujian persamaan. Mudahan segera direalisasikan,” ujar Vennetia.

Ia juga mengatakan, bahwa kebutuhan seperti sabun dan pembalut juga akan dibicarakan oleh pihak Rutan. “Ya, semoga pihak Rutan akan memenuhi kebutuhan ini. Pihak Rutan akan mengusahakannya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Venettia memberikan bingkisan kepada para warga binaan wanita ini. Yang secara simbolis bantuan ini diterima langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Provinsi Kalimantan Timur.

Penulis : Alfian Tamzil

Berita Terkait