Berita Headline Berita Terkini Bumi Etam 

Deklarasi Anti Hoax, diwarnai demo

SAMARINDA, CAHAYAKALTIM.com–Deklarasi Anti-Hoax yang Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak dan Walikota Samarinda Syaharie Jaang di Convention Hall Samarinda, diwarnai aksi unjuk rasa dari Forum Satu Bumi yang menuntut pencabutan izin pertambangan batu bara.

Demo yang dikoordinatori oleh Rominsyah dan puluhan anggotanya, menuntut agar Gubernur segera mencabut seluruh Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Kota Samarinda yang jumlahnya mencapai 63 izin.

“Gubernur sudah berjanji akan mencabut izin tambang batu bara di Samarinda, tapi sampai sekarang tidak terealisasi,” kata Rominsyah, kepada cahayakaltim.com. Sabtu (22/4/2017).

Aksi yang digelar di pinggir jalan dekat pagar Convention Hall Forum Satu Bumi seyogianya mendukung Gerakan Anti-Hoax ini, namun pendeklarasi tersebut seakan bertolak belakang dengan pernyataan yang sampai saat ini belum terealisasi.

“Empat hal yang kami tuntut dalam demo ini,” kata Rominsyah.

Tuntutan pertama, Forum Satu Bumi meminta agar Gubernur segera mencabut seluruh Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Kota Samarinda yang jumlahnya mencapai 63 izin

Kedua adalah segera mencabut seluruh IUP non CnC (clear & clean), kemudian menuntut pencabutan 826 IUP bermasalah yang tersebar di Kaltim, dan meminta gubernur membuktikan serta mengumumkan seluruh IUP yang dicabut.

“Janji gubernur melakukan pencabutan IUP sering disampaikan dalam forum resmi, diawali pada 14 Februari 2017, kemudian pertemuan dengan petani Muara Jawa pada 16 Februari 2017, pertemuan Musrenbang RKPD pada 3 April 2017, dan “coffee morning” tanggal 10 April 2017. Namun belum terealisasi. Jangan sampai masyarakat menganggap apa yang disampaikan Gubernur adalah Hoax,” tegas Rominsyah. (*)

Penulis : Michael M

Editor : M Mailangkay

Berita Terkait