Berita Headline Berita Terkini Bumi Etam 

Deklarasi Anti-Hoax Kaltim, masuk rekor MURI

SAMARINDA, CAHAYAKALTIM.com—Sedikitnya, sekira 3 ribu orang maupun instansi baik pemerintah maupun swasta di Kalimantan Timur, mencatatkan nama sekaligus menandatangani deklarasi Gerakan Anti-Hoax, menjadikan kegiatan yang diprakarsi komunitas Gerakan Anti-Hoax Jurnalis Kaltim tercatat di Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai peserta terbanyak.

Ketua Gerakan Anti-Hoax Jurnalis Kaltim, Charles Siahaan, mengaatakan dalam kegiatan ini melibatkan semua eleman masyarakat Kaltim.

“MURI dalam catatannya, hanya mencatat ada 500 peserta, sedangkan sekira 2.500 lainnya tak sempat menandatangani deklarasi tersebut karena pulang terlebih dahulu sebelum acara selesai,” kata Charles.

Acara Deklarasi Anti-Hoax yang digelar di Convention Hall Sempaja, Samarinda, tersebut dirangkai dengan dua kegiatan lain, yakni penyerahan penghargaan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan peresmian sekaligus penandatangan MoU bidang TIK.

Peserta yang hadir dalam Deklarasi Anti-Hoax tersebut berasal dari berbagai komunitas, unsur pemerintahan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kaltim dan Pemkota Samarinda, unsur pelajar dan mahasiswa.

dijelaskan Charles, deklarasi Anti-Hoax ini digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap maraknya hoax di media sosial. Apalagi tahun 2018 dan 2019 menjadi tahun Pemilu bagi Kaltim yang dikhawatirkan memicu khabar hoax, makanya harus kita tangkal sejak sekarang.

Penulis : Michael M

Editor : M Mailangkay

Berita Terkait