Fenomena 

Dianggap terhormat, Abriantinus dianugrahi Siffu dari Pangunraun Pitu Kalteng

ist
ist

BARITO TIMUR, CAHAYAKALTIM.com—Salah satu tokoh masyarakat Kalimantan Timur rupanya menjadi tokoh terhormat di sebuah Kabupaten yang sedang berkembang di Provinsi Kalimantan Tengah.

Penghormatan terhadap tokoh tersebut diberikan oleh salah satu komunitas seni bela diri yang mengatas namakan diri mereka sebagai Perguruan Seni Bela Diri (PSPB) Pengunraun Pitu, Kabupaten Barito Timur, Kalteng.

Di Kaltim sendiri, terutama di Kota Balikpapan. Sosok Dr Abriantinus M.A sudah banyak dikenal baik di kalangan pejabat maupun masyarakat di Kota Minyak.

Penganugrahan sabuk kehormatan PSBD Pangunraun Pitu Barito Timur, Kalteng ini kepada Abriantinus yang juga sebagai Panglima Komando Pengawal Pusaka Adat (Koppad) Borneo.

Silat KuntauS“Kami memberikan penganurahan ini kepada pak Abriantinus karena banyak memberikan dukungan kepada kami untuk terus berkembang dan membina kami dengan baik,” kata Siffu Anthonius Limpau, kepada cahayakaltim.com, Rabu (2/3/2016).

PSBD Pangunraun Pitu ini menurut Antonius, sudah berdiri sejak tahun 2011 oleh tiga pendekar Kuntaw yakni, Ketman, Anthonius Limpau dan Misranto.

“Kami awalnya memiliki 25 anggota. Setelah dijalankan sekarang sudah mencapai 80 orang yang kami didik,” kata Anthonius.

Pangunraun Pitu merupakan salah satu silat tradisional. Dimana ilmu bela diri yang kental dikembangkan adalah ilmu beladiri Kuntaw. “Jurus Kuntaw adalah jurus monyet yang dilestarikan warga kami. Karena Kuntaw sudah ada di Kalteng sejak dahulu. Artinya, Kuntaw hanya ada di Kalteng saja, karena dilahirkan di Kalteng,” terang Athonius.

Sementara itu, Dr Abriantinus M.A mengatakan dirinya merasa bangga dan terhormat karena mendapat penghargaan sebagai Siffu oleh Panguraun Pitu. “Saya bangga. Ini yang pertama kalinya saya menerima penghargaan tertinggi oleh perguruan silat,” kata Abriantinus.

Selain Abriantinus yang mendapat gelar Siffu, penghargaan serupa juga diberikan kepada Bupati Barito Timur, Ampera Mebas SE MM.

Pemberian penghargaan kepada kedua tokoh tersebut dilakukan di gedung serba guna Biara Sacra familia Kota Ampah, Barito Timur, Kalteng yang dibukan oleh Ketua Umum PSBD Panguraun Pitu, Kalteng, Ariantho S Muler ST MM, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Barito Timur. (michael)

Berita Terkait