Berita Terkini Komunitas 

Didatangi ormas Dayak, Kapolres dibuat was-was

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com – Wajah penasaran, jelas terlihat di raut wajah seorang Kapolres Balikpapan, Ajun Kumisaris Besar Polisi, Jefry Dian Juniarta, ketika didatangi salah satu komunitas Dayak Kalimantan, yakni Komando Pengawal Pusaka Adat Dayak (KOPPAD) Borneo.

Dipimpin langsung oleh Panglima KOPPAD Borneo, Dr. Abriantinus M.A dan Komandan KOPPAD Borneo Balikpapan, Jerry dengan belasan anggotanya, langsung masuk ke ruang Kapolres, yang baru saja tiba di Balikpapan setelah beberapa hari berada di Jakarta.

Sebelumnya, kedua petinggi tersebut sudah saling mengenal, namun kehadiran KOPPAD ini menaruh banyak pertanyaan, sebab pihak petinggi komunitas tersebut enggan menyebutkan tujuannya.

Didampingi Wakapolres Balikpapan, Kompol  Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K, M.M dan Kasat Intel, AKP Sarbini, rombongan KOPPAD langsung berdiskusi.

“Memang kami sengaja tak memberitahukan maksud kedatangan kami. Alasannya kami hanya ingin memberikan kejutan kepada Kapolres Balikpapan,” kata Panglima KOPPAD Borneo, Abriantinus, kepada Cahayakaltim.com, Senin (7/8/2017)

Setelah beberapa menit bersandiwaara, Abriantinus langsung memberikan sebuah piagam yang dikemas dengan bingkai kaca terbungkus rapi dengan kertas, layaknya sebuah hadiah, kepada Kapolres.

“Saat menyerahkan, kami menyebutkan bahwa yang diserahkan tersebut adalah salah satu alat bukti. Saat Kapolres membukanya, dia langsung terkejut,” ujar Abriantinus.

Bingkisan tersebut merupakan sebuah sertifikat penghargaan kepada Jefry Dian Juniarta, sebagai Kapolres Humanis.

“Penghargaan  ini kami berikan kepada Jefry Juniarta, karena dalam penilaian kami, Kapolres Balikpapan saat inilah yang berbeda dengan pejabat lain. Dia cukup aktif komunikasi dengan komunitas di Balikpapan baik ketika ada polemik dan sedang aman. Sehingga selama menjabat, kondusifitas Kota Balikpapan terjaga dengan baik,” ungkap Abriantinus.

Penghargaan ini merupakan yang perdana diberikan KOPPAD Borneo kepada pejabat publik. Pemberian penghargaan ini kata Abriantinus akan dilakukan secara berlanjut di pulau Kalimantan.

Sementara itu, Kapolres Balikpapan Jefry Dian Juniarta, mengakui apa yang dilakukan KOPPAD Borneo, cukup mengejutkan.

“Ini merupakan sebuah hal yang cukup positif. Dan Memang selama ini KOPPAD cukup rutin berkomunikasi dalam berbagai hal terutama terkait tanggungjawab bersama dalam menjaga kondusifitas Kota Balikpapan yang baik,” kata Jefry Juniarta, kepada cahayakaltim.com.

Diharapkan kedepan, semua komunitas atau ormas yang ada di Balikpapan bisa seperti KOPPAD yang terus bekerja sama dengan baik baik itu terhadap Kepolisian maupun insatansi lainnya serta kepada masyarakat umum.

Penulis : Michael M

Editor : Mailangkay M

Berita Terkait