Berita Headline Berita Terkini Sport 

Diramaikan 200 Penembak, Kapolda Cup 2019 Dibuka

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Menjadi ajang pererat silahturahmi antar instansi baik
persaudaraan persatuan kesatuan, serta hubungan harmonis TNI, Polri dan jajaran Muspida. Selain itu juga hadir jajaran Kepala BUMD dan BUMN, pengusaha dan masyarakat, menjadi tujuan utama dalam kejuaraan menembak yang bertajuk Kapolda Cup 2019.

Diikuti sekitar 200 peserta mulai dari anggota klub menembak se Kaltim, TNI dan Polri, hingga jajaran Muspida ini kejuaraan Kapolda Cup ini yang berlangsung di Lapangan Tembak SPN Polda Kaltim, dengan mempertandingkan jenis pistol presisi 20 meter dengan 10 butir peluru kaliber 9 milimeter.

Ketua Panitia Kapolda Cup AKBP Wiwin Firta mengatakan, kegiatan ini juga dimaksudkan mempererat hubungan harmonis TNI, Polri dan jajaran Muspida. Selain itu juga hadir jajaran Kepala BUMD dan BUMN, pengusaha dan masyarakat.

“Diharapkan bisa menciptakan situasi kondusif, serta mendinginkan suasana di tengah hiruk pikuk politik pesta demokrasi. Agar bisa kembali bersahabat, perbedaan tidak boleh sampai memecah belah dan merusak persatuan kita,” ujar Wiwin yang kini menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Balikpapan.

Lebih lanjut, Wiwin mengharapkan kegiatan ini bisa terlihat bibit-bibit dari olahraga menembak khususnya wilayah Balikpapan, dan Kaltim pada umumnya. “Semoga terlihat bibit-bibit baru yang bisa mengharumkan nama Kaltim maupun Balikpapan di tingkat nasional maupun internasional,” katanya.

Kegiatan ini juga sekaligus rangkaian untuk meramaikan hari jadi kota Balikpapan ke 122 tahun. Yang mana ada tiga klasifikasi peserta, mulai dari tingkat pertama yaitu kelas eksibisi. Pada kelas ini diikuti oleh pejabat utama Polda Kaltim, Kodam VI Mulawarman, jajaran Forkopimda kota Balikpapan, dan para pimpinan kantor BUMN, BUMD, dan Organisasi Perangkat Daerah.

“Kemudian kelas kedua khusus anggota eksekutif klub menembak Cakra Asa Shooting Club. Lalu yang ketiga kelas umum, yang diikuti klub menembak se Kalimantan timur dan Tni – Polri,” sebutnya. Kejuaraan ini memperebutkan trophy atau piala penghargaan, serta uang pembinaan.

Kegiatan tersebut berjalan juga berkat kerjasama dengan Perbakin (Persatuan Menembak Indonesia), untuk meningkatkan kemampuan menembak. “Semoga bisa jadi agenda rutin berkelanjutan untuk event berikutnya, mencari bibit baik level lokal maupun nasional dan internasional,” katanya.

Sementara, Koordinator Pelaksana Kejuaraan menembak, Rosa Kahar menyatakan, kegiatan ini diharapkan bisa menyatukan dan menghidupkan kekompakan sesama peserta menembak. Rosa yang juga merupakan perwakilan dari Cakrabakti Asa Shooting Club (CASC) juga berkomunikasi dengan koordinator dari Mulawarman Shooting Club dan Shakunta Shooting Club Brimob.

“Harapannya agar menjadikan atlet Kaltim bisa sekarang nasional hingga internasional, hingga selanjutnya bisa mengikuti sea games. Kaltim diharapkan masuk ke eksibisi di Pon. Sebelumnya sudah bisa masuk beregu jadi juara 3 nasional,” ungkapnya.

Dengan adanya event tersebut diharapkan pula dari Cakra Asa Shooting Club bisa lebih banyak menghasilkan atlet-atlet berprestasi di bidang menembak. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan bisa menghasilkan atlet terbaik.

“Saat ini Kaltim sudah memiliki nama di nasional, baik di bidang tembak target, berburu dan tembak reaksi. Saat ini di Kaltim sudah ada kira-kira 8 klub menembak,” tutupnya. (*)

Penulis : Resy W S (echy)

Editor : Michael M

Berita Terkait