Berita Terkini Bumi Etam 

Diskominfo Kaltim usulkan BTS 72 meter di Mahakam Ulu

Mahakam Ulu 1 (2)CAHAYAKALTIM.com – Pemerintah pusat telah mengalokasikan APBN 2017 untuk pembangunan Base Transceiver Station (BTS) atau menara telekomunikasi pada 11 titik lokasi di  Kabupaten Mahakam Ulu yang merupakan wilayah perbatasan.

BTS atau menara telekomunikasi dibangun sebagai upaya membuka keterisolasian di daerah yang belum terkoneksi jaringan telekomunikasi.

“Melalui APBN akan dibangun 11 tower di wilayah perbatasan Kaltim di Kabupaten Mahakam Ulu,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim Abdullah Sani usai rapat Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Bidakara, Jakarta,  Senin (3/5).

Sebelas menara telekomunikasi yang akan dibangun pemerintah pusat melalui anggaran Kementerian Kominfo itu akan dibangun setinggi 32 meter. Diskominfo Kaltim akan mengusulkan pembangunan menara setinggi 72 meter agar jaringan komunikasi bisa diterima lebih baik.

“Kami akan usulkan dibangun setinggi 72 meter. Melihat kondisi geografis di Mahulu yang berbukit-bukit, menara dengan tinggi 32 meter kemungkinan jangkauannya tidak akan  maksimal,” katanya.

“Akhirnya disepakati, bahwa secara teknis dibutuhkan menara setinggi 72 meter. Selanjutnya akan dibahas lebih detil dengan Kementerian Kominfo,” tambah Abdullah Sani.

Bukan hanya Kabupaten Mahulu, Pemprov Kaltim juga mengusulkan agar pembangunan juga dilakukan di Pulau Sangalaki, Kabupaten Berau.

“Yang jelas, kami targetkan Kaltim bebas blankspot pada 2018,” ujar Abdullah.

Perlu diketahui, bahwa saat ini, Pemprov Kaltim melalui Diskominfo Kaltim telah mempersiapkan pembangunan 3 titik BTS di Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat, Kecamatan Busang dan Muara Ancalong di Kabupaten Kutai Timur.

Pembangunan 3 menara tersebut dilakukan dengan kerjasama melalui swakelola bersama TNI Angkatan Darat dengan ketinggian menara mencapai 72 meter. Pemprov Kaltim mengestimasikan ketiga menara tersebut sudah bisa dioperasionalkan pada akhir 2016. (adv/pemprovkaltim)

Berita Terkait