Berita Headline Berita Terkini Komunitas 

Ditlantas Nobatkan Pelajar SMA dan Mahasiswa Sebagai Pelopor Keselamatan Lalin

Gerakkan Police Go To School

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Sebagai bentuk upaya Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur dalam menekan kecelakaan lalu lintas, melalui Direktorat Lalu Lintas, menobatkan para pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Mahasiswa sebagai pelopor keselamatan Lalu Lintas.

Penobatan tersebut juga dilakukan ketika Polda Kaltim menggalakkan kembali Gerakan Police Go To School yang dibuka Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Subandriyah, Sabtu (23/2/2019), yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Balikpapan.

Menurut Subandriyah, dari analisa, prosentasi kecelakaan lalu lintas berujung pada jatuhnya korban baik luka ringan, luka berat bahkan meninggal dunia didominasi dari umur produktif.

“Hasil analisa. Korban kecelakaan banyak anak milenial atau di usia produktif. Jangan jadi korban berikutnya. Sayangi diri sendiri, teman dan pengguna jalan,” kata Subandriyah.

Dia menjelaskan Untuk menghilangkan kecelakaan lalu lintas, ia rasa tak mungkin terjadi. Yang bisa dilakukan tak lain menekan jumlah kecelakaan. Dimulai dari penyadaran diri sendiri bahwa berkendara aman itu penting dalam kehidupan sehari-hari.

Kombes Pol Subandriyah. Image by echy/ck.com

“Kalau menghilangkan gak mungkin, memperkecil iya. Keselamatan di jalan bukan tanggung jawab polisi saja, tapi masyarakat pun punya andil,” imbahnya.

Setelah melakukan upacara, kegiatan pun dilanjutkan dengan pembacaan ikrar milenial sebagai pelopor keselamatan dan dilanjutkan dengan atraksi Ditlantas yang mengendarai motor dan beraksi. Dirlantas Polda Kaltim pun turut serta melakukan atraksi.

“Ini pemanasan menuju Millenial Road Safety Festival Maret mendatang,” ujarny,” canda Subandriyah.

Penulis : Resy W S (Echi
Editor : Michael M

Berita Terkait