Berita Headline Berita Terkini News 

Ditlantas Pastikan Stok Material BPKB Aman

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Kekawatiran kelangkaan material Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) tidak perlu terjadi dikaltim. Pasalnya, stok material untuk pembuatan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim aman.

Artinya, stok material surat kendaraan tersebut tersedia, bagi masyarakat yang hendak merubah nama atau mengurus BPKB baru.  “Kita pesan di bagian fasilitas material (fasmat). Per bulan, kita pesan sebanyak 5 ribuan material,” kata Kasubdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Ditlantas Polda Kaltim Kompol Welly Djatmoko melalui Kasi BPKB Ditlantas Polda Kaltim AKP Hendro Wibowo.

Pemesanan material dilakukan setiap bulan untuk memenuhi permintaan masyarakat. “Kita pesannya setiap bulan. Dan distribusinya ke kami lancar dari fasmat,” sambungnya.

Diketahui, dalam satu bulan, permintaan pengurusan BPKB di Ditlantas Polda Kaltim mencapai 3 ribuan orang. Jumlah itu belum termasuk pengurusan BPKB kategori rubentina (rubah bentuk dan ganti nama).
“Sebulan, jumlah BPKB yang kita terbitkan sekitar 2900an sampai 3 ribuan. Itu BPKB baru. Jenis sepeda motor sekitar 2500an unit. Sementara mobil sekitar 400an unit lebih,” ungkap Hendro.

Sementara itu, dalam hal pelayanan BPKB di kantor Samsat Markoni itu, lanjut Hendro, pihaknya telah melakukan pembenahan guna meningkatkan kenyamanan masyarakat.

“Kami berinovasi, meningkatkan kenyamanan masyarakat. Penerapan sistem FIFO (First In First Out) dilakukan. Dengan menggunakan nomor antrian tapi elektronik. Ada juga tersedia spot mainan anak. Jadi orang tua ngurus BPKB, anak-anaknya bisa main di spot tersebut,” tutupnya. (*)

 

Penulis : Resy W S (Echi)

Editor : Michael M

Berita Terkait