Berita Headline Berita Terkini Hukum 

Ditpolair Ringkus Komplotan Pencurian Diatas Kapal

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com— Polisi Perairan (Polair) Polda Kaltim, berhasil meringkus kawanan pencuri diatas kapal yang beroperasi di kawasan Muara Berau Kutai Kartanegara.

Penangkapan tersebut dilakukan Polair Polda Kaltim pada Selasa 18 September 2018 lalu, dengan mengamankan 4 pelaku dengan beberapa barang bukti.

Direktur Polair Polda Kaltim, Kombes Pol Omad melalui Kasubdit Gakkum Kompol Harun Purwoko mengatakan, penangkapan ini dilakukan karena pihaknya menerima laporan dari masyarakat yang mulai gerah dengan aksi kawanan pencurian tersebut.

“Mereka ini (pelaku) mengambil batu bara dengan menggunakan sekop. Ada 4 sekop yang digunakan. Mereka memindahkan batu bara dari tongkang ke kapal mereka. Sedikitnya ada sekitar 30 ton batu bara yang mereka pindahkan,” kata Harun, kepada cahayakaltim.com, Kamis (27/9/2018) usai menggelar jumpa pers di Markas Polair Polda Kaltim.

Keempat pelaku tersebut bernama Arman (27), Sardi (19), Hairudin (23), Jupri (28) dan Sayuti (38). Mereka merupakan warga Desa Dicoing, Kecamatan Tondra, Kabupaten Bone.

Modus operandi kawanan pencuri batu bara, lanjut Harun, mereka beraksi saat malam hari, dengan menempelkan secara diam-diam kapal mereka di lambung samping tongkang. Dimana kapal tongkang yang menjadi korban yakni kapal Bahari Perdana 006.

Saat kapal mereka merapat di tongkang. Beberapa di antara mereka naik ke atas tongkang. Sekop jadi sangu mereka beraksi di atas tongkang dimana ribuan ton baru bara dibawa.

Dengan tenang mereka menyerok batu bara dari atas tongkang, lalu melemparnya ke bawah menuju kapal mereka. Bila ruang penyimpanan di kapal mereka penuh, mereka pun turun. Lalu melepaskan diri dari tongkang.

“Modusnya mempel di tongkang. Mereka beraksi malam hari, karena subuh harus sudah lepas dari tongkang,” tutupnya. (*)

Penulis : Echi
Editor : Michael M

Berita Terkait