Berita Headline Berita Terkini Bumi Etam 

Dokkes Polda Kaltim buka peluang fasilitasi penjamin kesehatan

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.comTingginya tingkat masyarakat yang mengalami kendala di saat melakukan pengobatan rawat inap, akibat tidak adanya biaya menjadi perhatian serius Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalimantan Timur.

Hal ini seperti dikatakan Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Kaltim, Kombes Pol Drg Triawan Marsudi, saat ditemui cahayakaltim.com di ruang kerjanya, Kamis (29/12/2016).

Menurut Triawan, Dokkes Polda Kaltim beberapa waktu lalu pernah melalukan operasi kepada salah seorang warga Balikpapan yang menderita gondok akut. Melalui informasi dari Ditbinmas Polda Kaltim, ada warga yang menderita gondok akut yang sudah menahun. Namun karena pasien tergolong tidak mampu, maka Binmas Polda Kaltim memfasilitasi kepada BPJS, agar yang bersangkutan diikutsertakan BPJS.

“Dan Alhamdulillah warga tersebut bisa kami operasi dan gondok yang dideritanya sudah berhasil kami angkat. Dan ini berkat sinergisitas antara Polda Kaltim dan BPJS,” ujar Triawan.

Menyangkut banyaknya warga Balikpapan yang berdasarkan informasi yang didapat dari penyelenggara BPJS bahwa, ada ribuan peserta BPJS yang tidak sanggup membayar iuran bulanan, sehingga kepersertaannya otomatis terhenti. Ternyata hal ini bukanlah menjadi kendala bagi Dokkes Polda Kaltim.

Saat ini ada beberapa forum CSR yang bisa memberikan bantuan pengobatan serta rawat inap dan adanya Lembaga Zakat dan Shadaqoh, seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Balikpapan yang selama ini kerap memberikan bantuan kepada pasien tidak mampu saat dirawat di rumah sakit. Baik itu penyakit biasa atau pasien yang menjalani tindakan khusus, seperti operasi.

“Kan di BAZNAS ada delapan kriteria yang menjadi parameter untuk menerima bantuan. Nah, salah satunya warga miskin. Kami membuka pintu selebar lebarnya bagi warga Balikpapan yang menderita sakit dan membutuhkan perhatian medis serius dengan dibiayai pihak BAZNAS,” ujar Alumni Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Surabaya itu.

Dalam waktu dekat ini pula pihak Dokkes Polda Kaltim akan melakukan pendekatan dan berencana melakukan kerjasama dengan pihak BAZNAS Kota Balikpapan. “Insya Allah dalam waktu dekat ini, kami akan mencoba melakukan pertemuan dengan pihak BAZNAS,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua BAZNAS Kota Balikpapan H Muhammad Roem Arbain mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali memberikan bantuan biaya pengobatan yang dirawat dan dioperasi di rumah sakit. “Asalkan pasien itu warga Balikpapan dan ada surat keterangan tidak mampu dari pengurus RT dan Kelurahan, ya kami pasti memberikan bantuan,” ujar Muhammad Roem.

Penulis : Alfian Tamzil

Berita Terkait