Berita Headline Berita Terkini Ekobis 

Dorong Kepatuhan dan Pengembangan Usaha, Pajak PPh Final UMKM Turun 0,5 %

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com—Keputusan pemerintah yang menetapkan turunya tarif pajak final sebesar 0,5 persen berdasarkan PP Nomor 23 tahun 2018 ini, tentu menjadi kabar baik bagi kalangan pengusaha berskala Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan harapan berlakunya ketentuan ini, para pelaku UMKM di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara berpeluang untuk mengembangkan usaha serta lebih giat dan patuh terhadap membayar pajak.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtara), Samon Jaya mengatakan, sebelumnya pada PP Nomor 46 tahun 2013, pajak yang dikenakan bagi pelaku UMKM yang beromzet Rp 4,8 Miliar dalam setahun sebesar 1 %. Skema tersebut kini sudah tak diberlakukan lagi setelah adanya PP 23 2018.

Berdasarkan data dari Kanwil DJP Kaltimtara, tingkat kepatuhan Wajib Pajak kategori UMKM tahun pajak 2017 mencapai 31,5%. Kota Balikpapan mencatat pencapaian tertinggi sebesar  44,7%. Sedangkan Kabupaten Mahakam Ulu berada di urutan terbawah dengan pencapaiansenilai  7,75%.

“Berlakunya ketentuan baru ini, diharapkan pelaku usaha dapat memanfaatkan penurunan tarif pajak menjadi 0,5 persen untuk kemudian lebih dimaksimalkan pemasukan yang diraih. Dengan begitu, mereka tetap menjalankan kewajibannya membayar pajak, di sisi lain pajak tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk berkembang,” kata Samon, Rabu (25/7/2018).

Lebih lanjut Samon menambahkan, Kebijakan ini juga memberikan keadilan kepada pelaku UMKM yang sudah mampu melakukan pembukuan. Dengan begitu WP dapat memilih untuk dikenai Pajak Penghasilan berdasarkan tarif yang sudah diatur.  (*)

Penulis : Michael M

Editor : Mailangkay R M

 

Berita Terkait