Berita Headline Berita Terkini Hukum 

Dua napi bobol penjagaan ketat Rutan Balikpapan

Kabur napiBALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Cuaca hujan deras yang melanda Kota Balikpapan di pagi buta, rupanya dimanfaatkan betul oleh dua nara pidana, untuk membobol penjagaan ketat petugas di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Balikpapan, Rabu (9/11/2016).

Kedua Napi berhasil lolos dan melarikan diri setelah memutus jeruji besi bagian belakang sel tahanan dengan memggunakan gergaji dan memanjat tembok dengan menggunakan sarung.

Napi tersebut adalah Basid (40). Napi ini merupakan tahanan Rutan dengan kasus Narkoba yang divonis penjara 20 tahun.

Tahanan kabur“Basid ini napi narkoba yang sedang menjalani hukuman 20 tahun. Dia sudah hampir 2 tahun menjalani hukuman. Sedangkan Napi satunya bernama Udin (37) kasus pencurian dengan hukuman 1,6 tahun dan baru 7 bulan menjalani hukuman,” kata Kepala Kesatuan Keamanan Rutan Kelas II B Balikpapan, Budi Santoso, kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, lolosnya kedua tahanan ini kecil kemungkinan ada keterlibatan petugas Rutan. Namun dari penyelidikan awal kedua tahanan kabur saat cuaca hujan di pagi hari sehingga beberapa tahanan di sel blok A tak mengetahuinya.

“Kami sudah menanyakan kepada beberapa tahanan yang satu sel dengan kedu napi itu. Semua tak mengetahuinya karena masih tidur,” ujar Budi.

Basid dan Udin menurut Budi, tidak satu sel. Namun kamar tahanan mereka hanya bersebelahan.

“Kami sudah melaporkan peristiwa ini ke Polisi'” tutup Budi.

Penulis : Michael Mailangkay
Editor : Michael Mailangkay

Berita Terkait