Berita Headline Berita Terkini Komunitas 

Ekonomi Kreatif Penggerak Indonesia Sejahtera

Sosialisasi RUU Ekonomi Kreatif

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Badan Ekonomi Kreatif bersama universitas Sebelas Maret menilai ekonomi kreatif memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu penggerak untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera. Untuk itulah sangat penting adanya undang-undang tentang Ekonomi kreatif.

Hal tersebut yang menjadi tujuan pembahasan gelaran BEK dan universitas 11Maret di Hotel Gran Senyiur dalam konteks Sosialisasi RUU Ekonomi kreatif, Sabtu (23/02/2019).

RUU Tentang Ekonomi Kreatif saat ini sedang dalam proses pembicaraan tingkat I antara Komisi X DPR RI dengan Pemerintah.

Menurut Hetifah Wakil Ketua Komisi X DPR RI, yang merupakan salah satu narasumber yang hadir, konsideran lembaga eksekutif negara, bahwa ekonomi kreatif memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu penggerak untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera.

“Pemerintah pusat maupun daerah sebagai pemangku kepentingan dapat mengatur dan memfasilitasi kedudukan pelaku Ekraf untuk memperluas produk Ekraf Indonesia, baik di pasar ekspor global maupun pasar domestik,” jelasnya.

Pemerintah juga telah menyadari potensi besar Ekraf menjadi tulang punggung perekonomian nasional. “Pemerintah wajib menciptakan ekosistem yang mendukung pengembangan ekonomi kreatif,” imbuhnya.

Hetifah. Image by echi/ck.com

Para pelaku kreatif semakin menjamur di disiplin ilmu maupun produk masing-masing. Pemerintah tampak juga berikan perhatian. Hetifah menyebut kota Balikpapan berpotensi menjadi kota kreatif yang maju. Ekosistem kreatif terus bergerak di kota minyak.

“Di Balikpapan iklim kreatif sudah muncul. Harus difasilitasi (pemerintah). Ekosistem kreatif sudah ada, tinggal perkuat mulai dari pendidikan dan riset. Saya senang ada rencana Perda juga di sini. Menunjukkan komitmen (pemda),” ungkapnya. (*)

Penulis : Resy W S (Echi)

Editor : Michael M

Berita Terkait