Bumi Etam Komunitas 

Galangan dana, komunitas Batak di Balikpapan bangun Masjid

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Paguyuban Batak Muslim Saroha Balikpapan akan mengadakan acara Halal Bil Halal dan penggalangan dana untuk membangun sebuah masjid di kawasan KM 6 Kecamatan Balikpapan Utara pada Minggu pagi (23/07/2017).

Pembangunan masjid yang diberi nama Masjid Al Bataki Saroha itu akan dibangun di kawasan lahan milik Saroha sendiri seluas 2000m2.

Masjid Al Bataki Saroha itu akan dibangun  berukuran 15m X 15m dengan  perpaduan ornamen antara   Sumatera Utara dan Kalimantan Timur.

Ketua Saroha Balikpapan H Triola Muslil Siregar mengatakan, bahwa paguyuban ini sudah jauh hari merencanakan pembangunan sebuah masjid di Balikpapan.

Hal ini dibuktikan dengan adanya kepemilikan  sebidang tanah dengan ukuran 2000m2 yang lokasinya tak jauh dari SMP Negeri 11 Balikpapan Utara. “Kami sudah memiliki tanah. Dan saat ini kami konsen untuk membangun masjidnya,” ujar Triola.

Pada rencana penggalangan dana nanti, panitia mengundang seorang ustadz sekaligus pemandu acara yang piawai membangkitkan peserta untuk menjadi donatur dalam pembangunan masjid.Ia adalah Ustadz Ir H Suharyono, yang cukup dikenal di Balikpapan.

BahkankiniUstadzSuharyonoacapkalidiundang di beberapadaerah di Kaltimuntukmenjadipembawaacarapenggalangan dana pembangunan masjid. “Intinyabeliauspesialisnyauntukmeggalang dana dalammembangun masjid,” ujarTriola.

Paguyuban Saroha sendiri di Balikpapan telah lama berdiri, tepatnya 45 tahun yang lalu.

Komunitas Batak Muslim ini sengaja dibentuk sebagai wadah berkumpulnya orang orang Batak Muslim di perantauan kala itu. Begitu pula dengan keanggotaannya yang tercatat sudah mencapai sekitar 350 kepala keluarga.

Triola Muslil Siregar juga menghimbau kepada seluruh warga Batak Muslim yang ada di Balikpapan khususnya dan Kalimantan Timur umumnya, agar dapat hadir dan mensukseskan acara ini.

Menurutnyapembangunan Masjid Al Bataki Saroha ini akan menjadi sejarah pada masa masa yang akan datang dan ini merupakan Masjid Batak pertama yang berdiri di Provinsi Kalimantan Timur.

“Sekali lagi kami sampaikan ini sekaligus menjadi undangan terbuka kepada seluruh warga Sumatera Utara yang memiliki marga atau memiliki darah Batak yang beragama Islam agar datang ke acara ini karena acara ini dari kita untuk masyarakat kota Balikpapan,” paparnya.

Ke depannya, selain membangun masjid  paguyuban Batak muslim Balikpapan  di bawah yayasan Al Bataki Saroha ini akan mendirikan pesantren khusus mualaf.

“Ya Insya Allah kami juga akan membangun pesantren khusus mualaf. Mohon doa dan dukungannya agar rencana kami dikabulkan Allah Subhana Wa Ta’ala,” pungkas Tiola. (*)

 

Penulis : Alfian Tamzil

Berita Terkait