Berita Headline Berita Terkini Hukum 

Hadapi Pesta Demokrasi, Polda Perketat Pengamanan Obvitnas

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Segala persiapan pengamanan jalannya Pemilu (Pemilihan Umum) pada April 2019 nanti terus dilakukan oleh Polda Kaltim. Mulai dari personel hingga komunikasi lintas sektoral. Selain itu nantinya, pengamanan di tempat-tempat penting juga akan dilakukan. Di antaranya tempat yang menjadi objek vital nasional (Obvitnas)

Ini disampaikan Direktur Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit) Polda Kaltim Kombes Pol Barmen.

Menurutnya, sebagai antisipasi terhadap hal-hal yang yang diinginkan menjelang Pemilu nanti, tempat-tempat objek vital begitu penting dilakukan pengamanan nya untuk menjamin aktivitas di tempat objek vital berjalan seperti biasa.

“Kita akan lakukan penebalan keamanan. Dan membuka jalur komunikasi lebih intens,” katanya.

Beberapa tempat yang menjadi objek vital yaitu kilang minyak PT Pertamina di Balikpapan dan sejumlah lokasi pertambangan di Samarinda dan Kutai Kartanegara. Jaminan pengamanan guna memastikan aktivitas terus berjalan seperti biasa, sehingga pemasukan atau penerimaan negara juga tetap berjalan.

“Karena kan segala kegiatan seperti di Pertamina dan daerah tambang besar biaya operasionalnya. Ini juga untuk menjamin penerimaan negara tetap berjalan. Karena penerimaan negara cukup besar dari situ,” sambung Barmen.

Nantinya, terkait komunikasi soal pengamanan akan diintensifkan dan berkoordinasi dengan setiap pihak pengamanan tempat-tempat objek vital tersebut.

Lebih lanjut, kata Barmen, pihaknya akan menempatkan personel dengan senjata lengkap di setiap tempat-tempat objek vital yang ada di wilayah Kaltim. “Kita akan menempatkan personel. Senjata sebagai kelengkapan perorangan personel tetap ada,” ujarnya .

Untuk diketahui, objek vital nasional di wilayah Kaltim berjumlah sebanyak 10 tempat. Enam di antaranya berada di Balikpapan. Salah satunya kilang minyak milik Pertamina.