Advetorial Berita Headline Berita Terkini Ekobis Hiburan Wisata 

Ini Cara Telkomsel Buktikan Kekuatan Jaringan di Raja Ampat

RAJA AMPAT, CAHAYAKALTIM.com—Menjadi salah satu destinasi tempat liburan yang sedang dibanggakan untuk dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara, Raja Ampat merupakan lokasi yang memang memiliki keindahan alam yang menakjubkan, terutama wisata laut.

Keindahan Raja Ampat di era teknologi yang terus berkembang, menjadikan tempat wisata yang sedang mendunia ini, seakan dituntut untuk menyediakan jaringan komunikasi yang lancar. Dimana rata-rata pengunjung menggunakan ponsel pintar.

Untuk mendukung program pemerintah dalam hal peningkatan wisata di Indonesia, Telkomsel terus membangun jaringan di tempat wisata paling terkenal di timur Indonesia ini. Dengan membangun sedikitnya 34 base transceiver station (BTS) di Raja Ampat tentu tidak semudah membangun BTS di daerah lain.

Hal ini juga yang menjadi bukti Telkomsel untuk berperan dalam mendukung wisata di Indonesia kepada dunia luas dengan memperkuat jaringan.

Untuk memastikan kekuatan jaringan di kawasan wisata Raja Ampat, Telkomsel membawa sedikitnya 48 media yang berada di area IV Telkomsel atau area Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan (Pamasuka).

Beberapa media diantaranya, Tribun Kaltim, Tribun Manado, Tribun Kalbar, Tribun Timur, Kaltim Pos, Balikpapan Pos, Manado Pos, Radar Banjar, Palu Pos, Pontianak Pos, Banjarmasin Pos, Timika Expres, Ambon Ekspres, Kalteng Pos, Radar Sorong, Bisnis Indonesia, Kendari Pos, Komentar, Radar Timika, Sulteng Raya, Info Benua, Rakyatku.com, Tempo, Kinarya.com, Cakrawal.com, Celebes.com, upeks.com, finance.com, inibalikpapan.com, antara makasar, antara Manado, Kabarpapua.com, harian pagi Papua, Cendrawasi pos,Fajar Timur makasar,  Sindo Manado, Sultengterkini.com, antara Palu, Gorontalo Pos, Kalimantan Pos, Tabliod Jubi, Warta Plus, Pare Pos, Radar Sultra dan Cahayakaltim.com.

Dengan menggunakan 3 kapal speedboad, para kuli tinta tersebut, diajak Telkomsel untuk menguji secara langsung jaringan di Raja Ampat.

Manager External Communications Telkomsel, Aldin Hasyim, mengatakan investasi Telkomsel di Raja Ampat tidak dilakukan melalui hitung-hitungan bisnis atau mencari keuntungan besar. Namun kehadiran puluhan BTS dengan fasilitas 2G, 3G dan 4G ini, demi dukungan Telkomsel untuk ikut membantu pemerintah mewujudkan target kunjungan ke Indonesia sampai 2019 sebanyak 20 juta wisatawan mancanegara.

“ Bagi Telkomsel hanya ada satu tujuan, memperkenalkan Raja Ampat kepada dunia luas melalui kekuatan jejaring media sosial dan informasi dunia digital. Juga membuka isolasi antara masyarakat sekitar dengan dunia luar,” kata Aldin, saat melepas secara simbolis perjalanan pra awak media cetak, elektronik maupun online, dari Pelabuhan Perikanan Sorong ke Raja Ampat, Senin (12/2/2018).

Dia mengungkapkan, Telkomsel sudah memiliki 34 BTS yang mengelilingi gugusan pulau di Raja Ampat. Padahal rata-rata pengguna jaringan 3G dan 4G di Raja Ampat baru mencapai 17.000 ribu pengguna dari total 40.000 penduduk Raja Ampat.

Manager Branch Telkomsel, Sorong, Rully Bintoro, menambahkan, Telkomsel masih terus mengembangkan jaringan di kawasan Raja Ampat lebih baik agar para pengunjung bisa secara langsung menyiarkan kunjungannya tanpa terputus-putus.

“media memiliki kekuatan untuk menyampaikan keindahan Raja Ampat, dan telkomsel memfasilitasi hal itu. Di sejumlah spot-spot indah Raja Ampat, Telkomsel telah menyediakan sarana telekomunikasi strategis, layanan 3G dan 4G. Silahkan dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi tentang Raja Ampat, ” terang Rully.

Sementara itu, General Manager ICT Operation Telkomsel Area Papua Maluku, Muhammad Idham Kadir, mengungkapkan seluruh infrastruktur itu dibangun melalui skema Pelayanan Universal Telekomunikasi (Universal Service Obligation/USO) bekerjas ama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tentu saja untuk  memperluas akses telekomunikasi di Raja Ampat.

“Ada 12 destinasi wisata di Indonesia yang terus dikembangkan oleh Pemerintah. Raja Ampat salah satu yang diunggulkan. Untuk itu, kami (Telkomsel) menghadirkan BTS di spot-spot stategis untuk menambah dongkrak pertumbuhan wisatawan asing di Indonesia,” ujar Idham.

Para wartawan yang dipercaya Telkomsel untuk bisa mendongkrat wisatawan untuk datang ke Indonesia ini, diajak untuk menguji sekaligus menikmati keindahan laut Raja Ampat yang menakjubkan.

Selama 3 hari Telkomsel menfasilitasi para media untuk mengunjungi beberapa spot wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Bertajuk, ‘Bringing the beauty of Indonesia to the world’ Media Gahtring 2018, berjalan lancar. Kendati dihari pertama, sempat menghadapi ombak tinggi saatmenyeberangi laut lepas Sorong-Raja Ampat. Namun semuanya itu terbayar ketika para media dan tim Marcom Telkomsel tiba di Raja Ampat.

Saat mengelilingi Raja Ampat bagian selatan, melintasi Distrik Weisai, awak media sangat terbantu dengan kehadiran jaringan 4G Telkomsel utamanya di titik-titik destinasi wisata seperti Sawengrai, Piaynemo, Teluk Kabui, hingga Pantai Friwen.

Sudah ada puluhan resort dan titik lokasi wisata di gugusan pulau Raja Ampat yang telah dikaver jaringan Telkomsel.

Raja Ampat merupakan kabupaten di wilayah administrasi Provinsi Papua Barat dengan letak tepat berada di ‘kepala burung’ Pulau Papua. Letak geografis Raja Ampat terdiri dari banyak pulau karang yang tersebar hampir merata pada seluruh titik di wilayah administratif.

Namun, terdapat 4 pulau utama yang menjadi titik konsentrasi penduduk maupun wisatawan yakni Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Di samping itu, terdapat sederet pulau dengan ukuran sedikit lebih kecil yang membentuk deretan tebing tinggi dan kerap menjadi sasaran kunjungan wisatawan seperti Piaynemo, Teluk Kabui, Wayag dan banyak lainnya.

Kekayaan biota laut serta hutan tropis yang tetap terjaga kelestariannya hingga kekayaan kebudayaan setempat menjadi pelengkap keindahan Raja Ampat sebagai destinasi utama di Tanah Air bahkan dunia.

Kehadiran akses telekomunikasi seluler yang disediakan oleh Telkomsel diyakini mampu menjadi katalis untuk pengembangan daerah tersebut lebih massif terkhusus di era digitalisasi saat ini.

Pembangunan infrastruktur oleh Telkomsel ini dipercaya akan memudahkan wisatawan dalam berkomunikasi dan eksplorasi keindahan Raja Ampat.

Selain itu, perluasan jaringan Telkomsel itu sekaligus menjadi bagian dari program Kementerian Pariwisata yang bertema Go Digital yang berguna untuk aktivitas komunikasi dan promosi pengembangan potensi wisata Indonesia.

“Di Kota Raja Ampat memang sudah ada Telkomsel, namun di Pulau tempat berwisata belum ada. Telkomsel telah memasang 18 titik baru di pulau-pulau yang ada di Raja Ampat,” ujar Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati kepada cahayakaltim.com lewat telepon, Rabu (14/2/2018).

Pemda Raja Ampat memandang perlu untuk mempelajari dan mengetahui tentang teknologi dengan memainkan media sosial dan berbagi tentang keindahan Raja Ampat itu sendiri.

Mengacu pada peningkatan teknologi di lokasi wisata Raja Ampat, sebelumnya salah seorang pendiri Google Sergey Brin juga mengatakan telah bekerjasama dengan Kemenpar untuk membuat Google Streetview.

“Pemanfaatan teknologi seperti itu diyakini akan menggenjot potensi wisata Indonesia, khususnya promosi ke kancah internasional yang kini sedang berjalan dengan baik. Ditambah dengan peran Telkomsel yang cukup membantu Pemda dalam guming destinasi wisata di Indonesia terutama di Raja ampat,” ujar Abdul Faris. (***)

 

Penulis : Michael M

Editor : Mailangkay RM

 

Berita Terkait