Berita Terkini Bumi Etam 

Ini tarif Zakat Fitrah untuk tahun ini

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com — Kementrian Agama Kota Balikpapan telah menetapkan besaran tarif Zakat Fitrah pada tahun 1438H atau tahun 2017 ini.
Hal ini seperti dikatakan Kepala Seksi Penyelenggara Syariaah Kantor Kementrian Agama Kota Balikpapan H Muhammadiyah, yang menyebut bahwa tarif Zakat Fitrah pada tahun ini sebesar Rp 39.000/perjiwa.
Penentuan besaran tarif Zakat Fitrah ini setelah dilakukan pertemuan yang digelar pada 24 Mei lalu di Kantor Kementrian Agama Kota Balikpapan. Di mana hadir pada pertemuan  itu diantaranya dari Majelis Ulama Indonesia, Dewan Masjid Indonesia serta beberapa tokoh ulama dari organisasi Islam, Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah.
H Muhammadiyah mengatakan, besaran tarif Zakat Fitrah itu sama dengan beras seberat 3 kilogram. “Jadi jika seorang ingin membayar Zakat Fitrahnya jumlahnya adalah sebanyak 3 kilogram perjiwa atau jika dirupiahkan sebesar tiga puluh sembilan ribu rupiah perjiwa,” ujar H Muhammadiyah saat dihubungi media ini, Selasa pagi (30/05/2017).
Lebih lanjut ia juga mengatakan, untuk membayar Fidiyah tarif yang disepakati adalah sebesar Rp 35.000/jiwa/hari. Di mana pembayaran Fidiyah biasa dilakukan oleh seseorang yang terpaksa tidak dapat menjalani ibadah puasa dikarenakan sakit atau sudah lanjut usia.
Ia juga menambahkan, untuk pembayaran Zakat Fitrah dan Fidiyah ini dapat dilakukan sejak awal Ramadan atau menjelang dilaksanakannya Sholat Idul Fitri.
“Batas terkahir pembayaran Zakat Fitrah itu paling lambat menjelang Sholat Id, atau saat khotib sedang berkhotbah, sebelum ia turun mimbar. Di situlah batas akhir pembayaran Zakat Fitrah,”pungkasnya. (*)
Penulis : Alfian Tamzil
Editor : Michael M

Berita Terkait