Berita Terkini Komunitas 

Irianto Lambri lanjutkan program KBBKT

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Irianto Lambri kembali terpilih secara aklamasi untuk mengetuai Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBBKT) pada Musyawarah Daerah IV yang digelar di Ball Room Hotel Tiga Mustika Balikpapan, Sabtu (03/06/2017).

Proses pemilihan ini dilakukan melalui votting dengan 14 pengurus daerah yang terdiri dari 14 kabupaten kota yang ada di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Di mana masing masing pengurus daerah sepakat agar Irianto Lambri kembali duduk sebagai Ketua Umum KBBKT periode 2017 – 2022.

Awalnya pada Musda ini sempat dibahas akan ada pemisahan antara pengurus Bubuhan Banjar Kaltim dan Kaltara. Sekaligus membahas pergantian ketua umumnya yang berakhir pada tahun ini. Namun hasil rapat akhirnya tetap pada organisasi awal, yaitu tetap dijadikan satu, antara Provinsi Kaltim dan Kaltara di bawah satu kepengurusan.

Dalam sambutannya Irianto Lambri mengatakan, bahwa Kalimantan Utara juga merupakan bagian dari Kalimantan Timur. Dan secara historis memang kedua provinsi awalnya memang menjadi satu.

“Namun karena kekuatan politik, dua provinsi ini akhirnya berpisah secara adminitrasi pemerintahan. Padahal kita sama. Jadi harapan saya jangan dijadikan permasalahan,” ujar Irianto Lambri.

Ia juga mengatakan, bahwa organisasi seperti KBBKT hendaknya dimanfaatkan sebaik baiknya. Di organisasi ini jangan memikirkan untung rugi. “Keina organisasi bisa dijualnya, amun memikir akan untung rugi,” ujarnya dengan bahasa Banjar disambut tepuk tangan yang hadir sore itu.

Irianto Lambri yang juga Gubernur Kalimantan Utara ini mengatakan, agar jangan dijadikan KBBKT sebagai sarana politik. Mengingat jumlah orang Banjar di Kaltim dan Kaltara sendiri ada sekitar 15% – 20%. “Saya saat mencalonkan diri sebagai gubernur tidak pernah melibatkan KBBKT,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh anggota KBBKT agar berprilaku baik. Sebab pada dasarnya orang Banjar lahir dan dibesarkan dalam lingkungan yang taat beragama. Untuk itu ia berharap KBBKT ini hidup rukun, bersatu, solid dan tentu saja taat dalam beribadah. (*)

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait