Berita Headline Berita Terkini Bumi Etam Kodam Mulawaran 

Jadi Irup di SMAN 1 Balikpapan, Kasdam bagi ‘Permen’

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Peringatan hari lahir (Harlah) Pancasila pada tahun ini digelar di berbagai instansi, mulai dari pemerintah, militer, kepolisian hingga ke sekolah sekolah menengah atas. Salah satunya seperti yang digelar di SMA Negeri 1 Balikpapan, Kamis (01/06/2017).
Hebatnya yang menjadi inspektur upacara kali ini adalah seorang jenderal. Ia adalah Kasdam VI Mulawarman Brigadir Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad. Kehadirannya sebagai inspektur upacara di sekolah favorit tersebut tentu saja disambut hangat. Mulai dari dewan guru hingga seluruh siswa turut serta mengikuti upacara tersebut.
Kehadiran Kasdam VI Mulawarman di SMA Negeri I tersebut  adalah sebagai rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa indonesia yang akhir-akhir ini muncul ada gerakan yang anti Pancasila.
Presiden RI Ir Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh  Kasdam VI Mulawarman antara lain menegaskan, bahwa bangsa Indonesia perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain, yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara.

Dalam sambutan presiden itu, Kasdam mengatakan dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, negara ini bisa terhindar dari masalah  dan  bisa hidup rukun bergotong royong untuk memajukan Negeri.   “Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur ditengah kemajemukan,” ujar Muhammad Nur Rahmad.

Dalam sambutannya juga, presiden mengajak peran aktif para ulama, pendeta, pastur, biksu,
pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri, para pelajar serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.
Pada kesempatan yang sama Kasdam VI Mulawarman membagikan Permen Pancasila kepada sekitar 1000 siswa yang hadir saat itu. Permen yang bertuliskan Permen Pancasila Manis itu mengandung arti PERMEN P : Persatuan, E: Elemen, R : Republik, M : Mengamalkan, E : Esensi, N : Nilai dan PANCASILA serta MANIS M : Menjaga, A : Arah, N : Negara, I : Indonesia, S : Selamat.
Penulis   :  Alfian Tamzil

Berita Terkait