Berita Terkini Bumi Etam 

JKN-KIS buka jaringan pendaftaran lewat telepon

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com – Untuk memudahkan masyarakat yang memiliki aktifitas padat, BPJS Kesehatan dalam program pengembangan strategis dengan memperluas kanal pendaftaran meluncurkan mekanisme pendaftaran Peserta JKN-KIS lewat telepon.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan, dr Muhammad Fakhriza, mengatakan, pendaftaran peserta JKN-KIS ini, melalui BPJS Kesehatan Care Centre 1500-400.

“Mekanisme pendaftaran peserta baru, tentu harua menyiapkan kelengkapan surat administrasi, seperti Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Rekening Tabungan, Nomor Telepon, Alamat Domisili dan email,” kata Fakhriza, dalam jumpa pers di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Balikpapan, Senin (15/5/2017).

Setelah itu, lanjut Fakhriza, calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400. Calon peserta akan dilayani agent care center. Pembicaraan antara calon peserta dengan agent akan dijadikan bukti pendaftaran.

“Setelah Agent Care Center menyatakan pendaftaran via telepon selesai, Nomor Virtual Account akan dikirim ke nomor ponsel atau email calon peserta,” ujar Fakhriza.

Lanjut dia, 14 hari setelah calon peserta mendapat sms/email Nomor Virtual Account, calon peserta harus membayar iuran untuk pertama kalinya dan sejak pembayaran pertama tersebut kartu peserta telah aktif dan fisiknya akan dikirim ke kantor cabang yang paling dekat dengan alamat peserta untuk cabang non pilot project.

Sementara untuk kantor cabang yang masuk kategori pilot project, kartu akan dikirim langsung ke alamat peserta.

“Pendaftarannya secara gratis. BPJS Kesehatan hanya menarik iuran wajib per bulan sesuai pilihan kelas peserta. Sementara peserta yang mendaftar via Care Center, wajib melakukan pembayaran pertama ke bank. Pembayaran selanjutnya, bisa melalui autodebet,” kata Fakhriza.

BPJS Kesehatan care centre ini sebwlumnya berfungai sebagai pemberi informasi, penanganan pengaduan, teleconsulting dan pengelolaan media sosial. (*)

Penulis : Michael M/Alfian T
Editor : M Mailangkay

Berita Terkait