Berita Headline Berita Terkini Ekobis 

Juni, subsidi PLN resmi dihapus

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada bulan Juni nanti secara resmi menghapus subsidi bagi pelanggan dengan daya 900watt.

General Manager PLN Wilayah Kalimantan Timur dan Utara Rustamaji mengatakan, penghapusan subsidi sebenarnya telah dilakukan secara bertahap sejak awal tahun 2017 lalu.

“Kami melakukan penghapusan subsidi secara bertahap mulai bulan Januari lalu, bulan Maret dan bulan Mei ini,” ujar Rustamaji saat bersilaturahmi dengan sejumlah wartawan di Hotel Jatra, Rabu malam (24/05/2017).

Ia juga menambahkan, bahwa sejauh ini pemerintah cukup besar melakukan subsidi kepada pelanggan 900watt. “Jumlahnya besar. Hampir lima puluh persen,” ujarnya.

Namun penghapusan subsidi ini ternyata tidak berlaku kepada seluruh pelanggan dengan daya 900watt. Khusus untuk warga miskin masih disubsidi pemerintah. Namun penentuan warga miskin ini bukan ditentukan oleh PLN.

“Penentuan warga miskin ini ditentunkan oleh pemerintah daerah. Dalam hal ini adalah pihak kelurahan dan kecamatan. Merekalah yang menentukan kriteria warga miskin. Jadi PLN tidak terlibat dalam hal ini,” pungkasnya.

Dengan dihapusnya subsidi ini, otomatis pelanggan dengan daya 900watt mengalami peningkatan pembayaran iuran dalam beberapa bulan belakangan ini. Bahkan tak sedikit warga yang terkejut setelah mengetahui membengkaknya tagihan listriknya.

Rustamaji juga mengatakan, pasca dihapusnya subsidi bagi pelanggan 900watt dan bagi pelanggan di luar warga miskin, PLN akan memberlakukan tarif normal dengan sistem adjustmen.

“Salah satunya adalah berpatokan dari harga minyak dunia. Bisa saja tiap bulannya akan naik. Atau bahkan mengalami penurunan,” pungkasnya.

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait