Berita Headline Berita Terkini Hukum 

Kakek bercucu lima, tertangkap bawa hampir 6 kg narkoba

image by michael m-cahayakaltim.com

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com—Seorang kakek berinisial N (67) warga Tarakan Kalimantan Utara hanya bisa pasrah saat Tim Opsnal Direktorat Resnarkoba Polda Kaltim menciduknya setelah kedapatan membawa 6 paket jumbo dalam ransalnya yang belakangan deketahui  adalah narkoba jenis sabu.

Pria bercucu lima tersebut ditangkap saat hendak menyusupkan barang haram tersebut di pelabuhan feri Karyangau, Balikpapan Barata.

“Kasus ini sebenarnya telah diungkap sejak Minggu 15 Oktober 2017. Karena pertimbangan penyelidikan baru di publikasi saat ini (Senin, 23/10/2017). Dimana kasus ini juga sudah dilakukan penyelidikan sejak awal bulan Oktober, berawal dari informasi masyarakat yang menyebutkan akan ada penyelundupan sabu dalam jumlah banyak yang berasal dari Tawau, Malaysia untuk dibawa ke Sulawesi Barat melewati Kaltara dan Kaltim,” kata Dir Narkoba Polda Kaltim Kombes Pol Kris Erlangga, dalam jumpa persnya, Senin siang.

Menurut pengakuan tersangka, barang tersebut didapatkannya dari seseorang berinisial IW dan AW warga Tarakan, seorang Bandar narkoba yang kini menjadi buronan polisi.

“Tersangka menerima tawaran membawa paket tersebut karena terlilit utang. Dia dijanjikan akan mendapatkan bayaran Rp 20 juta per paket bila berhasil membawa barang tersebut sampai tujuan,” kata Kris.

Motif ekonomi sehingga rela melakukan hal yang melanggar hukum menjadi alasan klasik. Apalagi tergiur dengan bayaran yang cukup tinggi. Namun dalam kasus ini, N baru diberi uang transportasi sebanyak Rp 1,5 juta.

Kendati tersangka menyesali perbuatannya, namun N yang kesehariannya berprofesi sebagai buruh lepas di Tarakan yang kedapatan menyelundupkan 6 paket sabu seberat 5.949 gram asal Tawau Malaysia ini, dijerat pasal 112 (2) jo pasal 114 (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (*)

 

Penulis : Michael M

Editor : Mailangkay M

Berita Terkait