Berita Headline Berita Terkini Hukum 

Karena Cinta, Seorang Pemuda Dilaporkan Menculik Gadis Remaja

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Seorang pemuda berinisial UK (21), harus berurusan dengan polisi setelah dirinya dilaporkan membawa kabur seorang gadis yang masih dibawah umur.

UK ditangkap Subdit IV Renakta Direktorat Reserse dan Kriminal Umam (Direskrimum) Polda Kaltim, beberapa saat sebelum meninggalkan Kaltim ke Makasar, Sulawesi Selatan dengan menggunakan KM Mandani di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Sabtu (20/10/2018) lalu.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Ade Yaya Suryana membenarkan adanya penagkapan terhadap seorang pemuda tersebut dengan dasar laporan penculikan oleh orang tua gadis tersebut.

“Ada laporan dari orang tua anak yang masih di bawah umur ini. Melapor ke Polda Kaltim. Laporannya diculik. Dan setelah dilakukan pencarian, berhasil diamankan di Pelabuhan Semayang,” kata Ade Yaya.

Pelaku melakukan hal tersebut karena UK dan gadis tersebut berpacaran. Keduanya sudah lama menjalin hubungan.

Bahkan menurut gadis tersebut mereka sudah melakukan proses nikah siri saat pergi ke Kutai Barat.

Pernikahan tersebut hanya diketahui dan disaksikan oleh paman dan tante UK.
Sehingga dari pengakuan korban alias Bunga, dirinya tak diculik. Perbuatan keduanya itu atas dasar suka sama suka.

“Mereka ini suka sama suka, begitu informasinya,” jelas Ade Yaya.

Namun demikian, meski perbuatan Uk pergi bersama Bunga itu atas dasar suka sama suka, proses hukum tetap berlanjut. Dan atas laporan orang tua Bunga, UK kini telah diamankan di Mapolda Kaltim sebagai tersangka.

Tersangka akan dijerat pasal 332 KUHP junto pasal 81 UU No. 17 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman minimal 5 tahun penjara dan maksimal 15 tahun penjara. “Ancaman minimal 5 tahun penjara,” tegas Ade Yaya. (*)

Penulis : Echi
Editor : Michael M

Berita Terkait