Advetorial Berita Headline Berita Terkini Kelistrikan 

Kejar Elektrifikasi, PLN Terus Kembangkan Listrik Kaltara

CAHAYAKALTIM.com–Sebagai provinsi yang tergolong baru, Kalimantan Utara sangat serius membangun infrastruktur pendukung untuk meningkatkan perekonomian daerahnya, tak terkecuali pada sektor infrastruktur kelistrikan.

Rasio elektrifikasi menjadi perhatian utama Pemerintah Provinsi Kaltara dan tentu saja PLN untuk mengawal pertumbuhan kelistrikan di provinsi tersebut.

Untuk mendukung percepatan pembangunan kelistrikan di Kaltara, Komisi VII DPR RI bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara, dan Direktur Bisnis PLN Regional Kalimantan mengunjungi Proyek PLTU Gunung Seriang kapasitas 2×7 MW, Selasa (20/2/2018), lalu.

Di sela-sela kunjungan, Direktur Bisnis PLN Regional Kalimantan, Machnizon, memaparkan tentang progres kelistrikan dan pertumbuhan rasio elektrifikasi di Kalimantan Utara.

“Fokus kami tahun ini salah satunya adalah memperkuat sistem kelistrikan dan meningkatkan rasio elektrifikasi di Provinsi Kaltara. Selain pembangunan pembangkit seperti PLTU dan PLTD tersebar, pengerjaan jaringan pedesaan juga sedang kami fokuskan agar realisasi desa terlistriki di provinsi Kaltara bisa mencapai seratus persen tahun ini,” ujar Machnizon.

“Pencapaian rasio elektrifikasi di provinsi Kaltara tahun 2017 adalah sekitar 79 persen dan target kami rasio elektrifikasi bisa mencapai 84 persen tahun ini. Jika sesuai roadmap yang kami rancang kami targetkan rasio kelistrikan di Kaltara bisa mendekati seratus persen pada tahun 2021,” tambah Machnizon.

Di sisi lain, Komisi VII DPR RI yang dipimpin Andi Jamaro Dulung, mendukung langkah PLN untuk mengembangkan infrastruktur kelistrikan di Kalimantan Utara dengan memperhatikan unsur unsur efisiensi yang dilaksanakan dalam pengerjaan proyek PLN di Kaltara.

Selain itu Komisi VII DPR RI juga mengevaluasi beberapa proyek pembangkit yang butuh perhatian agar segera dikoordinasikan sehingga dapat beroperasi tepat waktu. (***)

Editor : Michael M

Berita Terkait