Berita Headline Berita Terkini Bumi Etam 

Kejiwaan dan mental 920 calon siswa Polri di tes

Casis PolriBALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com—Sedikitnya 920 calon siswa Brigadir Kepolisian Republik Indonesia yang dinyatakan memenuhi syarat pemeriksaan Kesehatan I,saat ini mengikuti tes psikologi yang berlangsung di gedung DOM Balikpapan.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Drs Fajar Setiawan SH, mengatakan, tes psikolosi sudah berlangsung sejak Selasa (24/5/2016). Namun tes sebelumnya khusus tes psikologi Akpol.

“Hari ini dijadwalkan untuk tes psikologi Brigadir Polri. Diikuti tes Bintara dan Tamtama Polri. Tes ini berlangsung hingga 27 Mei 2016,” kata Fajar, kepada cahayakaltim.com, rab (25/5/2016)

Dijelaskan Fajar, bahwa dal prose tes tersebut, dilakukan cukup ketat dan tidak mudah. Karena proses pembukaan Compact Disc (CD) berisi softcopy (file) soal dari Panitia Pusat (Panpus) tak semudah yang dibayangkan. CD tersebut dalam keadaan tersegel serta terproteksi kata sandi (password).

“Untuk membukanya saja, Panitia Daerah harus meminta password kepada Panpus melalui sambungan telepon yang disaksikan langsung oleh para peserta dan Tim Pengawas,” ungkap Fajar.

Selanjutnya kata Fajar, file soal dicetak dan diperbanyak sesuai dengan jumlah peserta. Proses penggandaan soal ini dilakukan di tempat berlangsungnya tes, dibawah pengawasan ketat Tim Pengawas serta disaksikan oleh seluruh peserta.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya kebocoran soal ataupun praktek kecurangan lainnya, dan diterapkan pada setiap tes psikologi penerimaan calon anggota Polri baik Akpol, Brigadir maupun Tamtama.

Sementara itu, dalam pelaksanaan tes Psikologi tersebut, Karo SDM Polda Kaltim Kombes Pol. Drs. Gatot Tri Suryanta M.SI, dalam arahan singkatnya berharap agar peserta mengikuti petunjuk pengerjaan soal dengan baik serta tidak meminta jawaban dari peserta lain.

Dalam sesi pertama tes psikologi, peserta akan mengerjakan soal tes kecerdasan dengan waktu 90 menit.

Setelah itu menyusul sesi berikutnya yang terdiri dari beberapa jenis soal lainnya. Dijadwalkan tes akan berlangsung hingga sore ini. (michael mailangkay)

Sumber : Humas Polda Kaltim

Berita Terkait