Berita Terkini Sport 

Ketua KONI buka Rekerda Tarung Derajat Kaltim

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com — Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia(KONI) Kalimantan Timur, Ir. H Zuhdi Yahya MP, membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tarung Derajat yang berlangsung di Hotel Her, Balikpapan, (29/7/2017).

Rakerda Kodrat Kaltim tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun, bertujuan untuk menyatukan persepsi dan mengagendakan program seta kesiapan menghadapi beberapa kejuaraan baik Pekan Olahraga Remaja Nasional (Pornas), Pekan Olahraga pemuda nasional (Popnas), Pekan olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) dan pra Porprov.

“Ini merupakan langkah terbaik setiap cabang olahraga dalam mencari terobosan baru demi meningkatkan kesuksesan dengan apa yang akan dihadapi kedepan,” kata Zuhdi, saat memberikan sambutannya.

Dia mengharapkan apa yang akan dihasilkan dalam kegiatan ini, merupakan hasil terbaik untuk kemajuan Tarung Derajat secara khusus dan Kaltim umumnya.

Zuhdi juga mengungkapkan Komunikasi KONI Kaltim dengan Tarung Derajat selama ini aktif dan baik. Dimana, dalam konteks kontribusi, Tarung Derajat menjadi salah satu andalan Kaltim dalam meraih perolehan medali di beberapa pelaksanaan PON untuk Kaltim.

“Penyumbang medali (PON) untuk Kaltim, selama ini sekitar 55 % disumbang oleh cabang olahraga beladiri. Salah satunya Tarung Derajat. Hal inilah yang menjadikan olahraga ini sebagai salah satu andalan Kaltim,” ujar Zuhdi.

Terlepas dari pada itu, Zuhdi mengingatkan, dalam waktu dekat ini akan dilakukan pesta olahraga tingkat provinsi atau Porprov di Kutai Timur. Namun sebelum menginjak ke kejuaraan level provinsi tersebut harus melewati persyaratan yakni harus lolos pra Porprov.

”Pra Porprov merupakan adopsi dari pra PON. Dan pelaksanaan pra Porprov ini merupakan pertama kali digelar. Ini juga menjadi persyaratan para atelit agar bisa tampil di Porprov,” kata Zuhdi.

Sementara itu, Ketua Umum Tarung Derajat Kaltim, Ir. M Adam Sinte, mengatakan, Rakerda merupakan moment penyatuan persepsi dan juga membahas permasalahan atau kendala yang dihadapi di setiap daerah.

“Ini momentum brand storming atau mencegah isu yang dihadapi di setiap pengurus daerah. Selain mendengarkan dan membahas curhat masing-masing pengcab, juga mengagendakan program kedepan serta kesiapan menghadapi beberapa kejuaraan nasional,” kata Adam.

“Yang jelas kegiatan ini juga tujuan utamanya ya, untuk menghadapi PON di Papua nanti,” tutup Adam yang ditambahkan Ketua Harian Tarung Derajat Kaltim, Charles Rori SH.
Rakerda yang direncanakan berlangsung selama dua hari ini, dihadiri semua pengurus cabang se Kaltim.

“Untuk Pengcab Mahakam Ulu, memang belum terbentuk, namun saat ini sedang dalam proses pembentukan pengurus. Sehingga Rakerda Ini tanpa pengcab Mahakam Ulu,” tambah Charles. (*)

Penulis : Michael M
Editor : Mailangkay M

Berita Terkait