Advetorial Berita Headline Berita Terkini Ekobis 

Kontribusi Gojek untuk Ekonomi di Balikpapan Tembus Rp 423 Miliar

BALIKPAPAN,  CAHAYAKALTIM.com–Dampak  dari kehadiran layanan Gojek, di Indonesia khususnya di Kota Balikpapan semakin terasa terlebih di bidang sosial ekonomi.

Studi yang dilakukan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), mencatat bahwa GOJEK bersama para mitranya memberi kontribusi dari dua layanan (roda dua dan UMKM) di Balikpapan mencapai Rp 347 miliar .

“Kontribusi yang semakin besar dari Gojek menunjukkan bahwa, teknologi mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi tidak hanya secara nasional, namun ke perekonomian daerah,”u Dr Paksi CK Walandau wakil Kepala LD FEB UI.

Temuan menarik lainnya adalah GOJEK menjadi pintu pertama bagi UMKM Balikpapan untuk masuk, ke dalam digital .
Gojek juga turut meningkatkan inklusi keuangan di daerah karena meningkatkan jumlah UMKM yang dapat menjadi bagian dari gerakan non-tunai nasional. Kedua hal ini terlihat dari beberapa temuan yaitu,95% mitra UMKM pertama kali menerima pembayaran non-tunai saat masuk ke GO-FOOD, 92% mitra UMKM menyatakan mereka pertama kali go-online saat bergabung ke GO-FOOD

Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi on-demand memiliki dampak sosial ekonomi yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia khususnya kota Balikpapan.

“Riset ini, kita lakukan di Balikpapan November 2018 sampai Januari 2019 dengan menggunakan metode Kuantitantif melalui wawancara tutup muka,” tutup Paksi. (*)

Penulis : Resy W S (Echi)

Editor : Michael M

Berita Terkait