Berita Terkini Komunitas 

KSPSI terbentuk, fokus masalah pekerja dan perusahan di Balikpapan

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kota Balikpapan secara resmi dibentuk kepengurusannya setelah Dewan Pimpinan Daerah SPSI Kaltim menerbitkan Surat Keputusannya.

Dalam Surat Keputusan bernomor, 015/SK/DPD/KSPSI/KT/XI/2017 yang diterbitkan dan ditandatangani oleh Ketua DPD KSPSI Kaltim H Amir P Ali itu disebutkan, susunan kepengurusannya, di mana yang ditunjuk sebagai Ketua DPC KSPSI adalah NG Priyono. Salah seorang politikus senior di Balikpapan.

Kepada media ini NG Priyono mengatakan, setelah diberikan mandat oleh pengurus provinsi, ia akan melakukan beberapa tahapan yang dinilai sangat perlu untuk ditindaklanjuti. Diantaranya adalah membentuk Serikat Pekerja di seluruh perusahaan yang ada di Balikpapan.

“Berdasarkan undang undang ketenagakerjaan, jika perusahaan memiliki karyawan minimal 10 karyawan, maka pembentukan serikat pekerja harus dibentuk,” ujar NG Priyono.

Keberadaan Serikat Pekerja ini menurutnya, untuk memantau sejauh mana perusahaan tempat mereka bekerja ini diperhatikan hak-haknya.

“Saya mendengar masih ada perusahaan yang kurang memperhatikan hak-haknya. Untuk itu keberadaan Serikat Pekerja ini wajib dibentuk di setiap perusahaan,” ujarnya.

Selain memperhatikan hak-hak karyawan bagi seluruh perusahaan. KSPSI juga akan besinergi dengan perusahaan perusahaan yang ada di Balikpapan.

“Jadi kami bukan saja semata-mata fokus kepada pekerja. Tapi juga kepada perusahaan tempat mereka bekerja. Hal ini biar ada keseimbangan. Biar balance,” imbuhnya.

Keseimbangan menurut NG Priyono, agar sama sama memiliki hak-haknya masing. “Untuk perusahaan, apa saja hak hak perusahaan kepada karyawannya. Begitu pula kewajiban karyawan kepada perusahaan tempat mereka bekerja. Apa saja yang wajib dilakukan karyawan kepada perusahaannya. Di sinilah peran KSPSI terhadap keduanya,” pungkasnya.

Dalam waktu dekat ini DPC KSPSI Kota Balikpapan juga akan membentuk Biro Khusus. Yang di dalam terdiri dari Biro Pengupahan, Biro Tri Partit, Biro Dwi Partit dan Biro Deteksi Dini.

“Biro khusus ini dalam waktu dekat akan dilantik kepengurusannya oleh Walikota Balikpapan. Semoga dalam bulan November ini pelantikannya bisa dilaksanakan,” pungkasnya. (*)

 

Penulis : Alfian Tamzil

Editor : Michael M

Berita Terkait