Berita Terkini Bumi Etam 

KTP Elektronik tidak perlu diperpanjang

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com--Menanggapi adanya isu bahwa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) perlu diperpanjang melalui pihak kecamatan, ternyata dinyatakan tidak benar oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

Hal ini seperti dikatakan Camat Balikpapan Tengah Budi Mulyono, yang mengatakan bahwa E-KTP itu tidak perlu diperpanjang lagi.

“Kendati masa berlakunya sudah habis. E-KTP itu masih berlaku,” ujar Budi Mulyono saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Isu yang menyebar di media sosial yang menyebut untuk memperpanjang KTP, cukup datang ke kantor kecamatan dengan membawa KTP asli dan Kartu Keluarga asli, ternyata mendapat respon bagi sebagian warga Kota Balikpapan.

“Itu hoax. Tidak benar berita itu. E-KTP itu berlaku seumur hidup. Terkecuali ada perubahan data,” ujar Budi lagi.

Lebih lanjut Budi Mulyono mengatakan, E-KTP itu bisa saja dirubah, apabila ada perubahan data.

“KTP elektronik itu bisa saja diganti atau di rubah datanya. Misalnya pindah alamat atau berubah status. Seperti belum menikah, menikah atau bercerai. Nah kalau itu terjadi maka wajib melakukan perubahan data pada KTPnya,” papar Budi Mulyono lagi.

Ia juga menghimbau kepada warga kota Balikpapan, agar jangan percaya dengan adanya isu perpanjangan KTP dengan cara mendatangi kantor kecamatan.

“Intinya E-KTP itu berlaku seumur hidup. Kecuali ada data indentitas yang mengalami perubahan,” pungkasnya. (*)

 

Penulis : Alfian Tamzil

rupanya tidak perlu diperpanjang lagi

Berita Terkait