Berita Terkini Bumi Etam Ekobis 

Lahan milik Lanal jadi pendukung tekan inflasi bersama BI

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Sebagai bentuk upaya mendukung tekan inflasi di Kota Balikpapan, khususnya di Kalimantan Timur, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) memanfaatkan lahan tidur untum ditanami cabai.

Lahan seluas sekitar 2,5 hektar milik Lanal di kawasan Manggar, Balikpapan Timur, dimanfaatkan sementara sebagai lahan tani.

Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Irwan S.P. Siagian, mengatakan, kegiatan ini selain mendukung program menanam cabai sebagai salah satu upaya menekan inflasi di daerah, juga mendukung program TNI Lanal khususnya untuk memanfaatkan lahan kosong bagi prajurit dan juga masyarakat.

“Sampai saat ini cabai masih menjadi satu komoditas yang memberikan andil pada kenaikan inflasi di Balikpapan. Juga penanaman ribuan bibit cabai ini untuk memenuhi program Lanal untuk memanfaatkan lahan kosong,” kata Irwan Siagian, kepada cahayakaltim.com, Jumat (28/4/2017).

Permintaannya komoditas itu cukup tinggi, namun tidak sebanding dengan jumlah pasokan. Namun hasil dari cabai ini, kata Irwan Siagian, setidaknya dapat memenuhi sebagian kebutuhan cabai di lingkungan prajurit Lanal dan bila mendapat hasil panen yang lebih maka bisa digunakan untuk masyarakat Balikpapan.

“Kami ingin mengurangi ketergantungan prajurit maupun masyarakat atas kebutuhan cabai,” katanya.

Kegiatan penanaman cabai Lanal ini juga bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Pemerintah Kota Balikpapan.

“Sebagai penggagas, BI membagikan bibit cabai, membuat pelatihan bagaimana bertanam cabai, begitu juga dengan peran Pemkot Balikpapan dan instansi lain,” kata Irwan Siagian. (*)
Penulis : Michael M
Editor : M Mailangkay

Berita Terkait