Advetorial Berita Headline Berita Terkini Kelistrikan 

Manfaatkan Lahan Bekas Tambang, PLN Sumbang 400 Bibit Pohon dan 5000 Kg Pupuk Organik

SAMARINDA, CAHAYAKATIM.com–Kegiatan penambangan sering meninggalkan lahan dengan kondisi marginal. Lahan bekas tambang batu bara, menyisakan lahan dengan kadar liat yang tinggi, berbatu, daya resap air rendah. Hal ini menyebabkan lahan mudah tergenang, miskin unsur hara, bahan organik dan mikroorganisme tanah.

Lahan tersebut semakin lama semakin luas dan tidak produktif. Reklamasi lahan bekas tambang dilakukan untuk mengembalikan lahan sesuai dengan rona awal, sehingga nantinya dapat digunakan sebagai lahan pertanian atau lainnya.

Melihat kondisi tersebut, PT Perusahan Listrik Negara (PLN) (Persero) Area Samarinda, memberikan kontribusi untuk membudidayakan menanam pohon. Hal ini juga untuk menyalurkan program CSR berupa budidaya bibit pohon buah seperti sirsak dan klengkeng new Kristal kepada beberapa kelompok tani  Nelayan andalan yang merupakan mitra binaan PLN yang berada di sekitar gardu induk New Samrinda.

Sedikitnya 400 bibit pohon diserahkan langsung oleh Manager PT PLN Area Samarinda, Basuki Rahman. Selain menyerahkan bibit pohon, PLN juga menyerahkan 5000 Kg pupuk organic serta uang tunai yang nantinya akan digunakan untuk pengelolahan lahan bekas tambang.

“Dengan adanya kegiatan ini (Penyerahan bibit pohon), selain ikut melestarikan lingkungan juga untuk meningkatkan perekonomian warga melalui program CSR ini,” kata Basuki usai menyerahkan bantuan tersebut di Jalan Padat Karya RT 16, Bayur Sempaja Utara, Selasa (7/8/2018).

“PLN selain menyediakan dan melayani masyarakat dibidang kelistrikan juga memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat dalam hal ini sebagai mitra pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Mudah-mudahan PLN Peduli benar-benar bisa memberikan manfaat positif bagi masyarakat” ujar Basuki Rahman. (***)

 

Editor : Michael M

Berita Terkait